Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Nov 2017 07:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tersihir Magis Dunia Harry Potter

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto:  Replika Kastil Hogwarts di The Wizarding World of Harry Potter (Wahyu/detikTravel)
Foto: Replika Kastil Hogwarts di The Wizarding World of Harry Potter (Wahyu/detikTravel)
Osaka - Siapa yang tak kenal dengan Harry Potter? Traveler bisa merasakan sensasi magis penyihir fiksi ini tatkala masuk ke The Wizarding World of Harry Potter.

The Wizarding World of Harry Potter adalah wahana paling diburu traveler saat pertama kali menginjakkan kaki di Universal Studios Jepang. Apalagi jika kamu memang penggemar berat film yang diangkat dari novel laris karya JK Rowling ini.

Hanya ada 3 wahana The Wizarding World of Harry Potter yang buka dan beroperasi di seluruh penjuru dunia. 2 Di antaranya ada di AS, yaitu di Universal Studios Orlando dan Universal Studios Hollywood. Sedangkan, satu sisanya ada di Universal Studios Jepang.

Opsi terbaik untuk traveler yang mau berkunjung ke Dunia Harry Potter ini tentu saja di Jepang. Selain jaraknya yang tidak terlampau jauh dari Indonesia, harganya juga masih terjangkau, baik pesawat maupun hotelnya.
Gerbang masuk Universal Studios Jepang (Wahyu/detikTravel)Gerbang masuk Universal Studios Jepang (Wahyu/detikTravel)


detikTravel berkunjung ke Universal Studio Jepang di Osaka beberapa pekan lalu untuk merasakan sendiri sensasi sihir magis Dunia Harry Potter. detikTravel berangkat dari Mielparque Hotel yang letaknya tak jauh dari Stasiun Shin Osaka. Hotel ini detikTravel pesan dari apliasi pemesanan hotel ternama, booking.com.

Untuk menuju ke Universal Studios, traveler bisa memanfaatkan moda transportasi sejuta umat di Jepang, apalagi kalau bukan kereta api. Dari Stasiun Shin Osaka, traveler naik saja kereta bawah tanah Midosuji Line dan turun di Stasiun Umeda.

Setelah itu, bergantilah kereta dengan Osaka Loop Line untuk kemudian turun di Stasiun Nishikujo. Baru traveler bisa menggunakan kereta Sakurajima Line untuk turun di Stasiun Universal City. Sampailah traveler di Universal Studios Jepang.
Bola dunia khas Universal Studios (Wahyu/detikTravel)Bola dunia khas Universal Studios (Wahyu/detikTravel)


Begitu sampai, traveler akan disambut gerbang tiket besar yang penuh dengan antrean manusia. Bola dunia bertuliskan Universal Studios yang khas juga akan menyambut kita. Setelah antre kurang lebih 30 menit, detikTravel masuk juga ke dalam Universal Studios Jepang.

Tiket masuknya per orang sebesar 7.600 Yen, jika dirupiahkan sekitar Rp 900 ribuan. Tiket semahal ini sudah termasuk pajak, plus menikmati semua wahana yang ada di Universal Studios Jepang.

Tiket plus peta lokasi, biar nggak tersesat (Wahyu/detikTravel)Tiket plus peta lokasi, biar nggak tersesat (Wahyu/detikTravel)


Tujuan pertama detikTravel tentu saja ke wahana The Wizarding World of Harry Potter. Berbekal peta lokasi yang diberikan di pintu masuk, detikTravel melangkahkan kaki menuju ke dunia impian bagi para pecinta Harry Potter.

Sempat nyasar beberapa kali, akhirnya ketemu juga wahana ini. Rupanya, wahana ini tersembunyi di balik rimbunan pohon pinus serupa di 'Hutan Larangan'. Di sinilah rupanya Dunia Harry Potter berada.

Menuju ke vending machine tiket Dunia Harry Potter (Wahyu/detikTravel)Menuju ke vending machine tiket Dunia Harry Potter (Wahyu/detikTravel)


Jika sedang padat pengunjung, wahana The Wizarding World of Harry Potter akan memberlakukan tiket masuk dengan periode jam-jam tertentu. Traveler boleh masuk ke dalam wahana sesuai jam yang tertera di tiket tersebut.

Sayang, saya berkunjung tepat di akhir pekan. Antrean masuknya menggila. Saya pun harus segera mendapatkan tiket jam-jaman ini.

Cara mendapatkannya, traveler harus menuju ke area vending machine tempat mengeluarkan tiket khusus tersebut. Setelah di depan vending machine, traveler tinggal memindai/scan tiket masuk Universal Studios yang sudah didapat di gerbang depan.
Antre memindai tiket (Wahyu/detikTravel)Antre memindai tiket (Wahyu/detikTravel)


Setelah discan, tiket masuk Dunia Harry Potter akan keluar. Tiket ini akan berisi jam, dimana traveler boleh masuk ke wahana tersebut. Sial bagi saya, jam di tiket itu menunjukkan pukul 19.00.

Padahal saat itu, waktu masih menujukkan pukul 16.00 sore. Itu artinya saya mesti menunggu 3 jam lagi sebelum bisa masuk ke Dunia Harry Potter. Akhirnya, waktu yang tersisa saya pakai buat jalan-jalan dulu keliling, dan melihat-lihat isi Universal Studios Jepang.

Masuk ke dalam gerbang Dunia Harry Potter (Wahyu/detikTravel)Masuk ke dalam gerbang Dunia Harry Potter (Wahyu/detikTravel)


Jam di tangan saya menunjukkan pukul 17.00 waktu setempat. Firasat saya mengatakan saya mesti kembali ke The Wizarding World of Harry Potter. Ternyata benar, saat sampai di sana antrean sudah terlihat lengang.

Saya pun menyerahkan tiket di tangan. Ternyata sang penjaga memperbolehkan saya masuk. Mungkin inilah hari keberuntungan saya! Bisa masuk 2 jam lebih awal sebelum waktu yang ditentukan. Mungkin karena pengunjung sudah mulai berkurang juga.

Begitu masuk ke dalam, kita akan langsung disambut dengan 'mobil terbang' milik Ron Weasley. Mobil ini mogok, dan nyungsep di pepohonan. Traveler pun antre berfoto di depan mobil ikonik ini. Yang ajaib adalah, mobil ini bisa nyala sendiri lho traveler.

Mobil terbang milik Ron Weasley (Wahyu/detikTravel)Mobil terbang milik Ron Weasley (Wahyu/detikTravel)

Melangkah jauh ke dalam, replika desa sihir Hogsmeade pun terpampang nyata. Kereta Hogwarts Express, Stasiun Hosmeade, kios penjaja Butterbear, Toko Mainan Sihir Zonko's, Toko Kembang Gula Honeydukes, toko perlengkapan sihir, hingga Toko Tongkat Sihir Ollivanders akan menyambut traveler. Ah, ini seperti impian yang jadi nyata buat pecinta Harry Potter seperti saya.

Dari kejauhan, Replika Sekolah Sihir Hogwarts berdiri gagah menjulang. Sampai sekarang saya masih tidak percaya, saya bisa melihat langsung visualisasi dari sekolah sihir fiksi ini.

Replika Desa Hogsmeade (Wahyu/detikTravel)Replika Desa Hogsmeade (Wahyu/detikTravel)


Traveler bisa berkeliling dan masuk ke dalam setiap toko untuk berbelanja. Dari jubah Hogwarts, permen seribu rasa Bertie Botts Beans, berbagai souvenir, sampai tongkat sihir yang bisa dipakai betulan.

Ya, di wahana The Wizarding World of Harry Potter traveler bisa berlatih sihir setelah membeli tongkat sihir dari Toko Ollivanders. Tongkat sihir ini dilengkapi dengan sensor di bagian ujungnya. Satu tongkat sihir dihargai 4.900 Yen, atau sekitar Rp 581 ribuan.

Berbelanja tongkat sihir di Ollivanders (Wahyu/detikTravel)Berbelanja tongkat sihir di Ollivanders (Wahyu/detikTravel)


Jika kita mengucapkan mantra dan gerakan mengayun tongkatnya benar, maka akan ada keajaiban terjadi. Contohnya anak kecil ini, dia berlatih mantra Alohomora, mantra yang digunakan untuk membuka kunci atau pintu yang tergembok.

Jika mantranya berhasil, pintu besar yang ada di hadapannya akan terbuka dengan sendirinya. Ajaib memang!

Mencoba tongkat sihir, Alohomora! (Wahyu/detikTravel)Mencoba tongkat sihir, Alohomora! (Wahyu/detikTravel)


Masih banyak keajaiban lainnya di Dunia Harry Potter. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk masuk ke dalam replika Sekolah Sihir Hogwarts, tempat Harry Potter dan teman-temannya menuntut ilmu.

Berkunjung ke Dunia Harry Potter memberi saya perspektif baru tentang mimpi dan kenyataan. Harry Potter memang tokoh fiksi, tetapi dia akan tetap hidup dan abadi di hati para pengemarnya, termasuk saya. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED