Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Nov 2017 15:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Putrajaya, Pusat Pemerintahan Malaysia yang Memikat

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Danau buatan di Putrajaya, Malaysia (Masaul/detikTravel)
Danau buatan di Putrajaya, Malaysia (Masaul/detikTravel)
Putrajaya - Pusat pemerintahan Malaysia memang berpisah dengan pusat bisnisnya. Jika traveler ke Putrajaya, jangan heran jika kota ini memang memikat.

detikTravel berkesempatan mengunjunginya kembali pekan lalu. Berjarak sekitar 35 kilometer dari Kuala Lumpur, kawasan Putrajaya menjadi salah satu tujuan para pelancong.

Pemerintah Malaysia tampaknya memang ingin menjadikan Putrajaya menjadi destinasi wisata di kawasan Asia Tenggara. Dibangunnya kota ini pada 19 Oktober 1995 bertujuan untuk memindahkan pusat administrasi pemerintahan yang sebelumnya di Kuala Lumpur.

Nama Putrajaya diambil dari nama perdana menteri Malaysia pertama, Tungku Abdul Rahman Putra, dengan ditambah kata 'jaya' di belakangnya. Artinya kejayaan Malaysia setelah ratusan tahun dijajah Inggris.

Masjid pink di pusat Kota PutrajayaMasjid pink di pusat Kota Putrajaya (Masaul/detikTravel)


gedung Perdana Menteri Malaysiagedung Perdana Menteri Malaysia (Masaul/detikTravel)


Kawasan Putrajaya berdiri di Kerajaan Selangor. Seluas 4.931 hektar, dulu Putrajaya adalah kebunan kelapa sawit bernama Prang Besar. Sebagai ucapan terimakasih, pemerintah membangun istana bagi Kerajaan Selangor di kawasan Putrajaya.

Putrajaya dibangun dengan sangat cantik, modern dan futuristik. Ada Kompleks Pemerintahan Putrajaya, Putrajaya International Convention Centre dan Masjid Biru yang terkenal.

Danau buatan seluas 400 hektar sengaja dibuat dan orang Malaysia menyebutnya Tasik Putrajaya. Danau buatan ini bentuknya unik, berkelok-kelok mirip sungai yang menjangkau hampir seluruh wilayah di Putrajaya.

Danau ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke sini. Dikelilingi danau buatan, kawasan Putrajaya juga memiliki tujuh jembatan juga kapal wisata yang bisa disewa traveler saat berkunjung. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED