Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Nov 2017 17:59 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kolkata Bertabur Kuil, Gereja dan Masjid Instagrammbale

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Foto: (kolkata99web/Instagram)
Foto: (kolkata99web/Instagram)
Jakarta - India tidak hanya Mumbai dan New Delhi. Datanglah ke Kolkata, kota yang kaya akan kuil, gereja, dan mesjid yang megah nan instagramable.

Kolkata atau dulu sering dieja Kalkuta, adalah kota terbesar ketiga di India setelah New Delhi dan Mumbai. Dia adalah ibukota negara bagian West Bengal. Etnis Bengali lebih dominan di sini daripada Hindi. Kolkata adalah kota bisnis, budaya dan pendidikan.

Dirangkum detikTravel, Kamis (9/11/2017) ada 5 tempat yang wajib kamu kunjungi jika bertandang ke Kolkata.

1. Dhaksinewar Kali Temple

 Kolkata Bertabur Kuil, Gereja dan Masjid Instagrammbale
Kuil Hindu nan megah ini berada di Dakshinewar, tak jauh dari pusat Kolkata. Kuil ini berada di tepi Sungai Hooghly. Kuil ini dibangun pada tahun 1844 oleh Rani Rashmoni, salah seorang tokoh religius pemberani di Kolkata yang berani menentang peraturan Inggris.

Dewa utama yang disembah di sana adalah Dewa Bhavatarini. Di dalam komplek kuil terdapat 12 tempat suci yang didekasikan untuk Dewa Siwa. Kuil ini juga memiliki halaman yang besar dan dinding pembatas yang mengelilingi kuil.

2. Birla Mandir Temple

 Kolkata Bertabur Kuil, Gereja dan Masjid Instagrammbale
Kuil Birla Mandir dibangun pada tahun 1970, dan diresmikan oleh Dr Karan Singh pada 21 Februari 1996. Kuil Hindu ini dibangun oleh industri keluarga yang terkenal di India, yaitu Birla Family. Kuil ini dipersembahkan untuk Dewa Krisnha dan Radha.

Kuil terdiri dari beberapa bagian tempat suci. Bagian kiri kuil merupakan tempat pemujaan Dewi Durga. Sedangkan sisi kanan untuk pemujaan Dewa Siwa dan tempat meditasi. Sebelum kuil utama, juga terdapat tempat untuk bermeditasi.

Kuil berarsitektur klasik ini dibangun dari pepaduan marmer putih dengan batu pasir. Butuh waktu 26 tahun sampai akhirnya kuill ini menjadi bangunan megah nan elok dipandang mata. Kuil ini bisa traveler jumpai di Ballygunge, Kolkata. Dsiarankan bila ingin ke sini bagusnya pagi hari atau saat sore hari.


3. St Paul Cathedral

 Kolkata Bertabur Kuil, Gereja dan Masjid Instagrammbale
Dibangun tahun 1847, St Paul's Cathedral disebut-sebut sebagai katedral terbesar di Kolkata. Gereja ini pun memiliki arsitektur bergaya gothik yang populer di Inggris pada abad ke-19.

Gereja ini pun masih dipakai untuk acara ibadah oleh penganut agama Anglican. Tak sedikit juga wisatawan yang datang untuk melihat keindahan gereja ini.

4. Nakhoda Mosque

 Kolkata Bertabur Kuil, Gereja dan Masjid Instagrammbale
Masjid Nakhoda merupakan masjid terbesar di Kolkata. Masjid ini dibangun pada tahun 1926 di bawah perintah Abdar Rahim Osman. Masjid ini menampung 10.000 jamaah lho. Masjid ini berada di tengah-tengah Kolkata, tepatnya di Jalan Jacquaria, dipersimpangan Jalan Chitpur dan Jalan Mahatma Gandhi.

Masjid ini dibangun dari batu granit dengan kualitas terbaik yang dibawa langsung dari Tolepur. Masjid ini memiliki 25 pilar dengan tinggi 30 meter dan 35 meter. Di dalam masjid, traveler bisa melihat ornamen dan ukiran yang sangat indah.

5. Belur Math

 Kolkata Bertabur Kuil, Gereja dan Masjid Instagrammbale
Belur Math berada di 40 hektar di tepi barat Sungai Gangga, di daerah Howrah. Sekitar satu jam dari Kota Kolkata. Bangunan ini selain menjadi situs wisata, juga menjadi tempat ziarah. Juga menjadi pusat gerakan spritual dunia, Gerakan Ramakhrisna.

Gedung ini mencakup kuil-kuil yang didekasikan untuk Sri Ramakrishna, Sri Sarada Devi dan Swami Vivekananda, di mana relik mereka diabadikan. Selain melihat kuil, traveler juga bisa berkunjung ke museum yang berisi sejarah Ramakrishna Math and Mission.

Berada di lingkungan yang hijau, dan sejuk serta pepohonan ada dimana-mana, membuat lingkungan ini tenang dan meingkatkan suasana spritual untuk para penziarah.

Nah, jadi penasaran kan dengan Kolkata? detikTravel dan AirAsia mengajak kamu semua untuk liburan gratis ke Kolkata, serius! Caranya, kamu musti ikutan Dream Destination #BikinJadiNyata yang akan mengajak traveler liburan ke Kolkata.

Sudah lebih 900 orang mendaftar untuk bisa terpilih pergi ke Kolkata. Kamu jangan sampai ketinggalan. Ayo ikutan daftar Dream Destination #BikinJadiNyata dan bertualang ke Kolkata! Klik di sini untuk info lengkapnya. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Melihat Liburannya 'Superman'

Selasa, 21 Nov 2017 23:44 WIB

Henry Cavill, pemeran Superman ternyata suka traveling. Di sela kesibukannya main film, dia menyempatkan berkunjung ke beberapa negara. Begini gayanya.