Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Nov 2017 13:46 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

4 Alasan Kenapa Musti Liburan ke Kolkata, India

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Victoria Memorial, suasana ala Inggris di Kolkata (Thinkstock)
Victoria Memorial, suasana ala Inggris di Kolkata (Thinkstock)
Kolkata - Kolkata di India masih kalah ngetop di mata wisatawan dibanding New Delhi atau Mumbai. Tapi setelah baca tulisan ini, kamu pasti akan berubah pikiran.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (10/11/2017) inilah fakta menarik soal Kolkata yang jadi alasan kenapa kamu mesti bertualang ke sana:

1. Kota terbesar kedua di India

Banyak orang berpikir Mumbai adalah kota terbesar kedua di India setelah New Delhi. Jawabannya salah, kota terbesar kedua itu Kolkata. Luasnya 285 km2.

Tidak hanya itu, Kolkata adalah pusat kekuasaan kolonial Inggris di India. Bahkan pada masa penjajahan Inggris, Kolkata adalah kota kedua terpenting bagi orang Inggris, setelah London.

Kolkata menjadi ibukota India sampai tahun 1911. Setelah itu ibukota India pindah ke New Delhi.

2. Infrastruktur paling bagus di India

Kejutan! Kolkata ternyata punya infrastruktur paling bagus di India. Coba bayangkan, Kolkata punya stadion cricket terbesar ketiga di dunia namanya Eden Garden Cricket Ground. Kolkata juga punya stadion sepakbola terbesar kedua di dunia! Namanya Salt Lake Stadium. Tim sepakbola Mohun Bagan dan East Bengal dari Kolkata sangat terkenal di India.

Kolkata juga punya kereta MRT pertama di India, 20 tahun lebih cepat dari New Delhi selaku ibukota negara. Uniknya, Kolkata juga masih punya kereta trem sejak 1902, cuma satu-satunya di India dan tertua di Asia. Trem di Hong Kong kalah tua.

Kolkata juga punya landmark Jembatan Howrah. Ini adalah salah satu jembatan kantilever terbesar di dunia dan yang palng besar di India.

3. Ibukota budaya di India

Ternyata julukan Kolkata adalah ibukota budaya India. Kuil hindu, jain dan agama lokal India lain bertebaran bersama masjid dan katedral peninggalan Inggris. Festival Durga Puja untuk menyembah Durga adalah festival paling ramai dan menarik perhatian wisatawan.

Kolkata punya 5 peraih Nobel. Bayangkan, 5 orang! Mereka adalah Sir Ronald Ross, Rabindranath Tagore, Sir C V Raman, Amartya Sen dan Bunda Teresa. Di Kolkata, wisatawan bisa datang ke rumah Bunda Teresa atau ke Museum Tagore.

Warga Kolkata juga suka membaca. Mereka punya The National Library of India, perpustakaan terbesar di India. Mereka juga punya Kolkata Book Fair, pameran buku terbesar di Asia, saingannya Frankfurt Book Fair di Jerman.

4. Wisata kuliner paling unik di India

Kolkata terkenal dengan makanan manis pencuci mulut bernama Rosogolla yang ditemukan Nobin Chandra Das tahun 1868. Street food di Kolkata juga beraneka macam, jhal muri, puchka, singara, kachauri, telebhaja, kathi rolls, mughlai paratha dan masih panjang lagi daftarnya.

Tapi yang paling unik adalah, Kolkata punya percampuran makanan India dan China. Wah, kayak bagaimana tuh? Coba datang sendiri ke Chinatown Kolkata, satu-satunya pecinan di India.

Bagaimana, jadi penasaran kan mau pergi ke Kolkata. Nih, detikTravel dan AirAsia punya program Dream Destination #BikinJadiNyata yang akan mengajak kamu bertualang ke Kolkata, gratis! Sekali lagi, gratis! Silakan klik di sini untuk ikutan. Ssst, sudah 900 lebih traveler mendaftar, jangan sampai tidak kebagian ya. (fay/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA