Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Nov 2017 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Hogwarts ala Malta

Angga Aliya ZRF
Redaksi Travel
Foto: Angga/detikTravel
Foto: Angga/detikTravel
Valletta - Uni Eropa punya banyak universitas tua, bahkan yang tertua salah satunya ada di Malta. Salah satunya kampus ini, sangat mirip dengan Hogwarts Castle. Seperti apa ya?

Kampus ini bernama Universitas Malta di negara Malta. Negara yang bikin kita kesulitan mencarinya di peta karena ukuranya sangat kecil. Universitas yang satu ini bukan yang tertua, tapi sudah berdiri sejak tahun 1500-an.

Universitas Malta adalah institusi pendidikan tertinggi di Malta. Universitas ini menawarkan pendidikan sarjana, pascasarjana dan doktoral. Kampus ini masih menggunakan bangunan yang sama sejak pertama kali berdiri.

'Hogwarts' ala Malta(Angga/detikTravel)

detikTravel berkunjung beberapa waktu lalu ke kampus megah ini. Kalau diperhatikan, bangunan kampus ini mirip-mirip sama Hogwarts, sekolah sihirnya Harry Potter dan kawan-kawan. Mulai dari lorongnya yang terbuat dari batu hingga anak tangganya yang lebar-lebar. Serta perpaduan warna cat serta interior yang menghiasi ruangan di kampus menciptakan suasna klasik yang kental.

Awalnya Universitas Malta disebut dengan Collegium Melitense dan didirikan oleh Uskup Garagallo pada tahun 1592 serta dikelola oleh Kelompok Jesuit. Setelah perginya kelompok Jesuit dari pulau Malta pada tahun 1768, aset Collegium Melitense dikuasai oleh universitas dan Manuel Pinto da Fonseeca, seorang ksatria Malta.

'Hogwarts' ala Malta(Angga/ detikTravel)

Pada tahun 1938, Raja George VI mengubah nama universitas ini menjadi The Royal University of Malta. Kata 'Royal' akhirnya dihilangkan setelah Malta menjadi negara republik pada tahun 1974.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, pernah diundang menjadi pembicara dalam kuliah umum di Universitas ini pada awal Oktober 2017 di sela-sela acara Our Ocean Conference (OOC) 2017.

(sym/krn)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED