Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Nov 2017 19:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Di Jepang, Vending Machine Bisa Secantik Ini

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Vending machine yang ada di Kota Kutchan, Hokkaido dengan latar belakangnya adalah Gunung Yotei (Dok. Eiji Ohashi/CNN Style)
Vending machine yang ada di Kota Kutchan, Hokkaido dengan latar belakangnya adalah Gunung Yotei (Dok. Eiji Ohashi/CNN Style)
Tokyo - Vending machine seperti menjadi budaya Jepang. Di balik itu semua, ada potret menarik saat mesin ini berada di tempat-tempat yang tak biasa.

Melansir CNN Style, Senin (13/11/2017), ada lebih dari 5,5 juta vending machine di Jepang. Jika dihitung, perbandingan setiap satu mesinnya untuk 23 penduduk, rasio tertinggi di dunia.

Vending machine memang ada di mana-mana dan hampir selalu diletakkan di luar rumah. Mesin itu menjual hampir semua kebutuhan, termasuk beberapa barang yang agak aneh. Namun, sebagian besar penuh dengan minuman panas dan dingin.

Pada malam hari, mesin-mesin itu tetap hidup dengan warna-warna cerah dan lampu yang terang. Fotografer Eiji Ohashi yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun memotretnya di seluruh Jepang saat tengah malam. Hasilnya menakjubkan dan kumpulan gambar itu disusun dalam sebuah buku berjudul 'Roadside Lights'.

Di Jepang, Vending Machine Bisa Secantik IniFoto: (Dok. Eiji Ohashi/CNN Style)


"Saya memulai proyek ini sembilan tahun yang lalu, ketika saya melihat sebuah mesin penjual otomatis terlihat bercahaya di dekat rumah saat kembali dari shift malam saya," kata Ohashi yang mengibaratkan mesin-mesin itu sebagai suar.

"Pada waktu itu, saya tinggal di sebuah kota di utara Jepang yang akan terkena badai salju yang mengerikan selama bulan-bulan musim dingin. Saya mengemudikan mobil dalam kondisi seperti itu dan menggunakan lampu vending machine untuk membimbing saya," imbuh dia.

Vending machine memang mendarah daging dalam tradisi, di daerah pedesaan, di pinggir jalan, traveler dipastikan menemukan kios kayu yang tak ditunggui penjualnya. Mereka adalah petani yang telah menempatkan buah, sayuran, dan barang-barang lainnya ke dalam vending machine dan dapat dibeli.

Mungkin hal ini hanya bisa dilakukan di negara dengan tingkat kejahatan terendah di dunia. Vending machine di Jepang jarang dirampok atau dirusak. Walau berada di luar ruangan dan hanya sendirian, sebenarnya vending machine itu diurus dengan baik agar selalu bekerja.

Dalam foto-foto Ohashi menunjukkan rasa kesepian dengan menunjukkan mesin di lokasi terpencil di malam hari. Foto yang menjadi favoritnya adalah Gunung Yotei yang bersalju menjadi latar belakang vending machine. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.