Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Nov 2017 18:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kuburan Pesawat yang Jadi Tempat Tinggal Warga

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Kuburan pesawat di Bangkok, Thailand (Taylor Weidman/Getty Images AsiaPac/Getty Images/CNN)
Foto: Kuburan pesawat di Bangkok, Thailand (Taylor Weidman/Getty Images AsiaPac/Getty Images/CNN)
Bangkok - Di pinggiran Bangkok, Thailand, terdapat kuburan pesawat. Banyak bangkai pesawat di sana, yang juga pernah dipakai untuk tempat tinggal.

Berbagai sisi Bangkok memang menarik dijelajahi. Setelah puas wisata sungai dan kuil, masih ada spot anti mainstream yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya tempat yang dikenal sebagai kuburan pesawat di Ramkhamhaeng, sebelah timur Bangkok.

Dilansir detikTravel dari CNN, Selasa (14/11/2017), tempat itu berisi sejumlah pesawat yang tak lagi terpakai. Ada satu Boeing 747 dan dua McDonnell Douglas MD-82. Pesawat-pesawat di sana bentuknya tak lagi utuh, bagian-bagiannya banyak yang terpisah.

Pada sisi luarnya, warna putihnya tak lagi cemerlang dan catnya mengelupas. Untuk di dalamnya juga jauh dari kata rapi. Kursi pesawat sudah lepas dari tempatnya. Peralatan keselamatan seperti masker oksigen tercecer di lantai.

(Taylor Weidman/Getty Images AsiaPac/Getty Images/CNN)(Taylor Weidman/Getty Images AsiaPac/Getty Images/CNN)
Gambaran bangkai pesawat pun terlihat jelas saat mengunjungi tempat ini. Tak heran kalau disebut-sebut sebagai kuburan pesawat. Belum diketahui pasti sejak kapan tepatnya pesawat-pesawat tersebut teronggok di lahan ini.

Tapi kabarnya beberapa tahun lalu ada seorang investor yang berencana membuka bar outdoor di badan pesawat. Rencana ini akhirnya gagal dan pesawat ditinggalkan begitu saja, belum dipindahkan ke lokasi lain.

Kuburan pesawat pun sempat dijadikan tempat tinggal oleh warga setempat. Tak banyak memang, hanya satu sampai tiga keluarga. Hal ini terlihat dari jepretan fotografer Taylor Weidman yang berkunjung pada 2015 lalu.

(Taylor Weidman/Getty Images AsiaPac/Getty Images/CNN)(Taylor Weidman/Getty Images AsiaPac/Getty Images/CNN)
Sisi dalam potongan badan pesawat ditata sedemikian rupa menjadi kamar. Tirai sederhana digunakan untuk menutup jendela pesawat. Sedangkan untuk tidur, mereka beralaskan matras tipis maupun tikar. Sementara toilet pesawat yang sendiri masih terpasang di kabin sehingga memudahkan pemakaian.

Keluarga yang tinggal di sini bisa dibilang kurang mampu untuk membayar sewa rumah. Sehari-harinya mereka menjadi pemulung yang mengumpulkan sampah.

Beberapa tahun berlalu, kini masih ada juga warga yang tinggal di kuburan pesawat. Dikutip dari Daily Mail, ada seorang wanita beserta keluarganya yang tinggal di sini. Dia bertahan walaupun wujud bangkai pesawat masih tampak menyeramkan, barang-barang peninggalan penduduk sebelumnya pun dibiarkan berserakan.

Meskipun menyeramkan, sejumlah sisi kuburan pesawat memiliki sisi fotogenik. Tempat ini tak lepas dari kunjungan banyak turis berikut fotografer yang datang buat hunting foto. Nah, wanita yang tinggal di sini bersama warga sekitar lah yang menjaga kawasan kuburan pesawat.

Seorang turis yang mau berkunjung tidak gratis, tapi dikenai biaya 300 Baht (Rp 122 ribu). Setelah membayar tiket, traveler bisa bebas mengeksplor dan foto-foto di berbagai sisi pesawat.

(Taylor Weidman/Getty Images AsiaPac/Getty Images/CNN)(Taylor Weidman/Getty Images AsiaPac/Getty Images/CNN)
(krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED