Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Nov 2017 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota-Kota Palsu Tanpa Penghuni di Dunia

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Salah satu kota palsu tanpa penghuni di China (dok Gregor Sailer)
Salah satu kota palsu tanpa penghuni di China (dok Gregor Sailer)
Jakarta - Jangan tertipu dengan penampakan kota-kota keren berikut ini. Meski tampak seperti kota betulan, sebenarnya kota-kota ini palsu dan tidak berpenghuni.

Seorang fotografer bernama Gregor Sailer (37), berpetualang ke berbagai negara di dunia. Bukan untuk melihat aneka destinasi menarik yang ada di sana, melainkan untuk memotret aneka kota-kota imitasi yang tidak berpenghuni.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (17/11/2017), Gregor sudah bertualang ke 25 lokasi di 7 negara dan 3 benua untuk mengabadikan kota-kota tak berpenghuni ini.

Salah satu contohnya adalah tiruan Kota Mosul, Irak yang dibangun di tengah Gurun Mojave, California, AS. Konon, kota tiruan yang berdiri lengkap dengan masjidnya ini digunakan sebagai lokasi latihan tentara AS sebelum diterjunkan ke Irak.

Tiruan Kota Mosul di Gurun Mojave, AS (dok. Gregor Sailer)Tiruan Kota Mosul di Gurun Mojave, AS (dok. Gregor Sailer)

Kota lainnya yang didokumentasikan oleh Gregor antara lain kota bergaya New York di Swedia yang digunakan sebagai lokasi untuk menguji coba mobil baru, sampai pedesaan Inggris yang dibangun sangat mirip di China.

Semua lokasi yang didatangi Gregor memiliki satu kesamaan: sama-sama palsu dan tidak ada penghuninya. Kebanyakan kota ini dibangun untuk kepentingan militer sebagai lokasi untuk latihan perang di dalam kota.

Kota Carson City di Swedia untuk menguji coba mobil baru (dok. Gregor Sailer)Kota Carson City di Swedia untuk menguji coba mobil baru (dok. Gregor Sailer)

Foto-foto ini dikumpulkan Gregor dalam rangka untuk proyek bukunya yang bertajuk 'The Potemkin Village'. Merujuk ke 'Desa Potemkin', desa imitasi keren dan futuristik yang dibangun oleh Grigory Potemkin di sepanjang perjalanan 'Catherine The Great' ke Crimea pada tahun 1787.

Traveler juga bisa berkunjung ke kota-kota palsu ini. Beberapa di antaranya memang dibuka untuk dikunjungi wisatawan. Sepertinya menarik berfoto dengan kota-kota palsu ini seakan-akan kota ini milik pribadi.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED