Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Nov 2017 18:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sensasi Campur Aduk, Naik Roller Coaster VR Pertama Dunia

Avitia Nurmatari
detikTravel
Legoland Theme Park Malaysia (Avitia Nurmatari/detikTravel)
Legoland Theme Park Malaysia (Avitia Nurmatari/detikTravel)
Johor - Naik roller coaster memang memacu adrenalin. Tapi bagaimana sensasinya jika kita naik roller coaster digabungkan teknologi virtual reality (VR)?

Petualangan baru itu ada di Legoland Theme Park Malaysia. Wahana baru bernama 'The Great LEGO Race' ini akan membangun imajinasi seolah-olah memasuki arena balapan yang berliku dan penuh rintangan dari batu bata LEGO.

detikTravel berkesempatan mencoba untuk pertama kalinya virtual reality roller coaster pertama di dunia ini. Saya dan teman-teman media dari Indonesia melangkahkan kaki mendekati portal masuk baru yang berwarna-warni dengan desain aneka karakter LEGO. Kemudian kami menaiki tangga besi untuk menuju ke kereta roller coaster. Jantung sudah mulai berdebar dan penasaran bagaimana sensainya menaiki roller coaster dengan teknologi virtual reality.

Pemandu memberikan saya virtual reality headset. Lalu, saya dipersilakan duduk di kendaraan yang bentuknya seperti mobil balap untuk empat orang. Setelah duduk dan memasang pengaman, tarik nafas dan permainan dimulai!

Naik roller coaster dengan memakai VRNaik roller coaster dengan memakai VR (Avitia Nurmatari/detikTravel)


Saya seolah sedang berada dalam balapan yang berliku-liku. Di dalam VR seperti melawan rintangan dan beradu dengan karakter LEGO seperti Trendsetter, Pharaoh, Surfer Girl, Wizard, dan Captain Pirate.

Tentu saja sensainya campur aduk karena merasakan visual maya dengan twist roller coaster yang berubah-ubah dari menaik naik, turunan dan berputar penuh kejutan. Setelah dua menit berputar di udara, petualangan selesai. Sungguh pengalaman baru yang menyenangkan!

General Manager LEGOLAND Malaysia Resort, Kurt Stocks mengatakan The Great LEGO Race virtual reality coaster ini terinspirasi dari cara anak kecil bermain LEGO-nya di rumah.

Lintasan roller coaster VR Legoland MalaysiaLintasan roller coaster VR The Great LEGO Race Legoland Malaysia (Avitia Nurmatari/detikTravel)


"Pengemudi diajak memasuki dunia imajiner yang semuanya terbuat dari batu bata lego. Kami percaya wahana ini benar-benar memperluas pengalaman bermain LEGO," ujar Kurt dalam jumpa pers pembukaan 'The Great LEGO Race virtual reality coaster' di Malaysia, Rabu (22/11/2017).

Virtual reality (VR) dalam wahana ini hadir atas kerjasama dengan Samsung. Head of IT and Mobile Business Samsung Malaysia Electronics, Liew Kian Meng mengatakan pihaknya fokus dalam pengaturan dan melebihi standar pengalaman VR yang membuat VR tersebut mudah diakses dan berkualitas.

"Kami merasa terhormat menjadi mitra LEGOLAND karena bisa membawa roller coaster ke kehidupan anak-anak maupun orang dewasa dan menangkap imajinasi mereka didukung oleh perangkat Samsung Gear VR," jelasnya.

The Great LEGO Race dibuka untuk umum mulai Kamis (23/11/2017). Wahana ini juga akan diluncurkan di LEGOLAND Florida Resort dan LEGOLAND Deutschland Resort pada 2018 mendatang. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA