Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Des 2017 07:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Nigeria Punya Sekolah Terapung dari Tong Sampah Plastik

Bona
Redaksi Travel
Sekolah terapung di Nigeria (Akintunde Akinleye/Reuters)
Sekolah terapung di Nigeria (Akintunde Akinleye/Reuters)
Makoko - Bertualang ke Nigeria, traveler bisa berjumpa bangunan unik. Ada sekolah terapung yang terbuat dari daur ulang tong sampah plastik.

Umumnya sekolah berada di darat. Tapi di Nigeria ada sebuah sekolah terapung yang terbuat dari tong sampah plastik yang didaur ulang.

Diintip detikTravel dari Reuters, Rabu (6/12/2017), ada sebuah desa nelayan di Nigeria bernama Makoko. Desa nelayan ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Warga desa masih berada di garis kemiskinan. Lalu, sebuah LSM bernama Aid menawarkan pendidikan gratis kepada anak-anak di desa tersebut.

Sekolah terapung ini dirancang khusus oleh arsitek Nigeria bernama Kunle Adeyemi. Adeyemi membuat sekolah terapung dari kayu dan tong sampah plastik yang didaur ulang. Bentuknya tak kalah unik, segitiga.

Nigeria Punya Sekolah Terapung dari Tong Sampah PlastikFoto: (Akintunde Akinleye/Reuters)


Walaupun terapung, bangunan sekolah ini memiliki desain tahan badai dan banjir. Cuaca ini kerap kali menerjang Makoko jika musim hujan tiba.

Bangunan ini mampu menampung 100 murid di dalamnya. Sampai saat ini, sudah ada 47 anak yang mendaftar sebagai murid.

Layaknya sekolah lain, sekolah terapung ini juga memiliki seragam. Warnanya cantik, kuning dan biru. Bahasa yang digunakan pun bahasa Inggris lho!

Tiap pagi, anak-anak ini akan berlayar menggunakan perahu untuk sampai di sekolah. Sebelum memulai pelajaran, murid perempuan akan bernyanyi terlebih dahulu.

Nigeria Punya Sekolah Terapung dari Tong Sampah PlastikFoto: (Akintunde Akinleye/Reuters)


Setelah itu, mereka akan bersama-sama piket untuk membersihkan sampah dari kelas. Fasilitas seperti papan tulis dan spidol sudah melengkapi sekolah ini.

Pembangunan sekolah dilakukan selama 3 tahun. Sekolah ini merupakan perbaikan dari sekolah lama mereka yang telah rusak.

"Saya belum pernah melihat sekolah mengambang di atas air sebelumnya, inilah satu-satunya yang saya lihat. Karena itulah saya memaksa orang tua saya untuk membawa saya ke sekolah ini." kata Omodobu Emmanuel (11), salah satu murid sekolah terapung.

Keberadaan sekolah unik ini menarik perhatian traveler untuk melihatnya juga. Hmm, bisa ditiru di Indonesia nih.

Nigeria Punya Sekolah Terapung dari Tong Sampah PlastikFoto: (Akintunde Akinleye/Reuters)
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED