Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Des 2017 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Sederet Tempat yang Terlupakan di Berlin

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Bangunan tua yang terlupakan di Kota Berlin (Dok. CNN Travel)
Bangunan tua yang terlupakan di Kota Berlin (Dok. CNN Travel)
Berlin - Kota Berlin, Jerman menyimpan sederet tempat yang terbengkalai. Sudut-sudut yang tak terurus itu kini terlihat menyeramkan bagi traveler yang mengunjunginya.

Melansir dari CNN Travel, Rabu (6/12/2017), adalah Ciaran Fahey yang mengisahkan perjalanannya. Ia yang lahir di Irlandia adalah jurnalis foto di balik keluarnya situs web populer Abandoned Berlin.

"Sejarah Jerman cukup unik. Saya kira karena tidak memiliki tingkat limbah dan kerusakan yang sama di negara lain di Eropa," kata Fahey.

Fahey sangat tertarik untuk menjelajahi bangunan-bangunan bekas di ibu kota Jerman itu. Sedianya ia ingin memburu kenangan di balik Tembok Berlin yang telah runtuh itu.

"Karena saya bekerja sebagai jurnalis, saya kira saya memiliki keingintahuan alami ini. Perjalanan itu dimulai di tahun 2009 ke sebuah taman hiburan yang ditinggalkan ini, Spreepark yang tidak jauh dari pusat Kota Berlin," kata Fahey.

Kisah Sederet Tempat yang Terlupakan di BerlinFoto: (Dok. CNN Travel)


Spreepark adalah taman hiburan di Berlin Timur yang kini terbengkalai. Dibuka pada tahun 1969 untuk menghormati ulang tahun ke-20 Republik Demokratik Jerman (GDR) atau Jerman Timur. Kemudian ditutup pada tahun 2002 dan sekarang menjadi sudut yang menakutkan juga terlupakan.

Roller coaster yang tidak digunakan tenggelam dalam gulma yang lebat. Ada pula patung dinosaurus tergeletak terjatuh di tanah hingga bianglala yang rusak.

"Pacarku saat itu berasal dari Jerman Timur. Dia memberitahuku bahwa taman bermain yang dia kunjungi saat masih kecil ditutup dan ditinggalkan, tidak ada yang diizinkan masuk ke sana, tidak ada yang berani masuk ke sana," jelas Fahey.

Fahey tergelitik untuk mengeksplor apa yang ada di balik pintu Spreepark. Butuh beberapa saat dan akhirnya ia mendapat cukup keberanian untuk memasukinya.

"Saya masuk sendiri karena saya tidak bisa mengajak orang lain untuk ikut dengan saya. Sungguh sebuah pengalaman magis yang begitu saya sampai di rumah sehingga saya harus menulis tentang hal itu," ujar dia.

Kisah Sederet Tempat yang Terlupakan di BerlinFoto: (Dok. CNN Travel)


Setelah Spreepark, Fahey mulai memburu tempat-tempat lain yang terlupakan di kota metropolitan Jerman itu. Diceritakannya, perjalanannya itu terjadi secara tidak sengaja jika satu tempat mengarah ke yang lain.

Foto-foto yang dihasilkan kamera Fahey ada pula yang berupa bekas markas militer atau sudut makan yang dimakan ngengat hingga majalah tahun 1920-an. Ia berkomitmen untuk mencatat cerita di balik foto-foto yang membuat usahanya menjadi sukses.

"Akan jauh lebih cepat jika hanya pergi ke suatu tempat lalu mengambil foto yang banyak dan kemudian mempublikasikan foto dan melupakannya. Tapi bagiku yang paling penting sebenarnya adalah cerita di baliknya," katanya.

Sebagian besar tempat kunjungan Fahey telah ditinggalkan dalam 30 tahun terakhir. Bisa dikatakan pula objeknya itu 90% adalah sejak jatuhnya Tembok Berlin.

"Biasanya ada artikel koran tentang sudut-sudut itu, tentang pabrik yang tutup atau rumah sakit ditutup atau dipindahkan ke tempat lain, Anda bisa menemukan banyak informasi melalui surat kabar lokal," katanya.

Kisah Sederet Tempat yang Terlupakan di BerlinFoto: (Dok. CNN Travel)


Dalam perjalanannya mengunjungi ruang-ruang yang terlantar itu memungkinkan Fahey mengumpulkan teka-teki di masa lalu. Tapi mengunjungi bangunan yang ditinggalkan tidak semudah kedengarannya. Bagaimanapun juga aktivitas masuk ke tanah orang itu bisa termasuk ke dalam kategori kejahatan juga cukup berbahaya dan tidak disarankan bagi turis biasa.

Di situsnya, Fahey menjabarkan tips untuk menghindari penjaga. Namun ia mengatakan kemudahan akses berubah dari waktu ke waktu, dan bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lainhnya.

"Itu sangat tergantung pada masing-masing tempat. Katakanlah, misalnya tempat itu berupa rumah sakit jiwa atau tempat lain. Saya ingat satu tempat yang saya masuki sangat sulit. Saya melihat celah di atas pintu sebuah jendela yang agak terbuka. Saya berhasil memanjat ke pagar dan masuk ke pintu. Akhirnya saya terjatuh ke sisi lain dan saya berada di dalam gedung, tapi kemudian saya mengalami masalah bagaimana saya bisa keluar lagi dan itu agak mengkhawatirkan," urai dia.

Pada saat penulisan, Fahey mengatakan bahwa setidaknya ada 90 bangunan di Berlin yang ditinggalkan. Jerman memiliki sejarah politik dengan pergolakan dan perubahan radikal. Selama abad ke-20, bangunan didirikan dan ditinggalkan dengan cepat saat satu sistem pemerintahan dirombak dan digantikan oleh yang lain.

Setelah jatuhnya Tembok Berlin, banyak pebisnis di Berlin Timur bangkrut dan bangunannya ditinggalkan. Meski begitu, waktu berubah dan Berlin bangkit hingga bangunan-bangunan tua diambil alih lagi.

Bahkan, Spreepark sepertinya akan dibangun kembali. Pihak pemerintah kota telah membeli taman itu pada tahun 2014 dan ada rumor untuk perbaikannya.

Sementara itu masih banyak peninggalan bekas Jerman Timur yang tersebar di Berlin Timur. Masih ada beberapa bangunan era Nazi yang terbengkalai dan masih berdiri. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED