Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Des 2017 18:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Menara Eiffel di Prancis Ini Bukan di Paris

Afif Farhan
detikTravel
Kembaran Menara Eiffel di Lyon (Afif Farhan/detikTravel)
Kembaran Menara Eiffel di Lyon (Afif Farhan/detikTravel)
Lyon - Semua orang tahu Menara Eiffel di Paris, Prancis. Tapi ternyata, di Prancis sendiri juga ada kota yang punya kembarannya Menara Eiffel. Tebak di mana?

Pekan lalu atas undangan Atout France, detikTravel dan beberapa awak media menjelajahi Prancis. Kamis (7/12) tepatnya, kami berkeliling Kota Lyon setelah dari Avignon. Lyon merupakan ibukota bagi region Rhone-Alpes, sekaligus salah satu kota terbesar di Prancis setelah Paris.

Lyon dikenal sebagai surganya kuliner, sebab banyak kuliner khas Prancis dan Eropa yang mudah ditemukan di sana. Selain itu, beberapa objek wisatanya juga menarik dikunjungi. Salah satunya adalah Metallic tower of Fourviere.

"Pernah dengar nama itu nggak?" ujar Emilie, seorang guide setempat yang menemani awak media.

Kami kompak menggelengkan kepala, tidak pernah mendengar nama itu sebelumnya. Saat mengelilingi La Basilique Notre Dame de Fourviere, gereja paling terkenal di Lyon, Emilie mengajak kami melanyangkan pandangan ke sebelah kiri. Terlihatlah Metallic tower of Fourviere yang dipikir-pikir... mirip Menara Eiffel ya?

Metallic tower of Fourviere (Afif Farhan/detikTravel)Metallic tower of Fourviere (Afif Farhan/detikTravel)


"Iya benar, Metallic tower of Fourviere adalah kembaran Menara Eiffel yang belum banyak orang tahu," terang Emilie.

"Tentu lebih tinggi Menara Eiffel, tinggi Metallic tower of Fourviere sendiri yaitu 85,9 meter dan hanya mirip dari lantai tiga dari Menara Eiffel sampai ke atas saja," lanjutnya menerangkan.

BACA JUGA: Nice, Balotelli dan Bangku Biru

Metallic tower of Fourviere dibangun pada tahun 1892 dan selesai hanya 2 tahun. Dibuat oleh para seniman setempat, tujuannya agar orang-orang Lyon tidak usah jauh-jauh ke Paris kalau mau melihat Menara Eiffel.

Menara ini bisa dibilang adalah replika Menara Eiffel dari lantai 3 sampai ke puncak (Afif Farhan/detikTravel)Menara ini bisa dibilang adalah replika Menara Eiffel dari lantai 3 sampai ke puncak (Afif Farhan/detikTravel)


"Tujuannya agar orang-orang di sini tidak perlu jauh-jauh ke Paris untuk lihat Menara Eiffel. Apalagi lokasinya di perbukitan, jadi terlihat jelas oleh semua orang," kata Emilie.

Sayangnya sejak tahun 1953, pengunjung dilarang masuk sampai ke puncak Metallic tower of Fourviere. Dulu ada restoran, tapi kini sudah menjadi pemancar radio dan TV.

"Kalau ke Lyon coba lihat dan berfoto dengan Metallic tower of Fourviere. Menara Eiffel ala Lyon nih," pungkas Emilie.

Metallic tower of Fourviere yang terlihat dari jalanan Kota Lyon (Afif Farhan/detikTravel)Metallic tower of Fourviere yang terlihat dari jalanan Kota Lyon (Afif Farhan/detikTravel)


(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED