Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Des 2017 17:41 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

4 Keunikan Pulau La Digue di Seychelles, Afrika

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Pantai Anse Source dArgent di Pulau La Digue (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Pantai Anse Source d'Argent di Pulau La Digue (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
La Digue - Negara kepulauan Seychelles di Afrika punya Pulau La Digue yang unik. Ada pantai penuh batu granit, kura-kura raksasa sampai pohon vanilla yang bikin penasaran.

La Digue adalah destinasi favorit wisatawan di Seychelles, negara kepulauan di lepas laut timur Benua Afrika. detikTravel diundang Seychelles Tourism Board (STB) dan Kedubes Seychelles Jakarta, menjelajah La Digue, Senin (11/12/2017).

La Digue ditempuh selama 1 jam perjalanan naik kapal cepat dari Victoria, ibukota Seychelles. Pulau ini memiliki sejumlah keunikan, yang menjadi alasan kenapa traveler harus datang ke sana. Berikut keunikannya:

1. Nyaris tanpa kendaraan bermotor

4 Keunikan Pulau La Digue di Seychelles, AfrikaTuris bersepeda di La Digue (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)

Pulau La Digue luasnya cuma 10,08 km2 dan penduduk aslinya cuma 2.800 orang. Begitu mendarat dari pelabuhan, kita akan melihat rental sepeda dimana-mana. Warga dan wisatawan bersepeda kesana kemari.

La Digue adalah pulau yang nyaris tanpa kendaraan bermotor. Dibilang begitu karena mobil hanya dimiliki oleh resor, hotel dan agen perjalanan wisata. Kalau beruntung, kita bisa melihat kereta ditarik sapi.

Kalau di Indonesia, ya seperti Gili Trawangan, yang tidak punya kendaraan bermotor. Dulu, tidak ada kendaraan sama sekali di sini.

2. Pantai yang paling sering difoto sedunia

4 Keunikan Pulau La Digue di Seychelles, AfrikaPantai penuh batu granit di La Digue (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)

Begitulah julukan Pantai Anse Source d'Argent di Pulau La Digue. Pantai ini ada di dalam perkebunan L'Union Estate. Tiket masuknya SR 115 atau Rp 115.000. Karakter unik dari pantai ini adalah batu-batu granit raksasa.

Pantai ini sering menjadi lokasi syuting dan pemotretan. Bahkan dari berbagai sumber disebutkan pernah ada film erotis jadul tahun 1977 berjudul 'Goodbye Emmanuelle' syuting di sini. Mungkin saking sepinya saat itu.

Anse Source d'Argent punya pasir putih selembut tepung. Airnya bening dan tenang. Batu-batu granitnya besar-besar dan lebih banyak dari pada yang ada di Pantai Tanjung Tinggi di Belitung.

Ada batu granit yang bertumpuk unik seperti menantang gravitasi. Bahkan ada satu batu monolith yang sebesar bukit. Bukan main besarnya!

3. Punya kura-kura raksasa

4 Keunikan Pulau La Digue di Seychelles, AfrikaKura-kura raksasa khas Seychelles (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)

Kura-kura raksasa bukan cuma ada di Galapagos, Ekuador. Kura-kura raksasa juga ada di Seychelles dengan nama latinnya Aldabrachelys gigantea hololissa.

Ada satu tempat di perkebunan L'Union Estate dimana kura-kura raksasa ini tinggal. Ada tembok pembatas supaya wisatawan tidak masuk ke areanya. Namun kita bisa memberinya makanan dari tumpukan daun dan sayur yang disiapkan oleh ranger.

Kura-kura ini besarnya seperti mobil gokart, beratnya bisa mencapai 300 kg dan umurnya bisa mencapai 100 tahun. Benar-benar kura-kura ajaib!

4. Pohon vanilla yang unik

4 Keunikan Pulau La Digue di Seychelles, AfrikaPemandu menunjukan pohon vanilla (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)

Semua orang tahu vanilla sebagai rasa es krim. Tapi siapa yang tahu pohon vanilla? Nah, L'Union Estate adalah sebuah perkebunan vanilla (Vanilla planifolia). Seychelles sejak masa penjajahan Inggris menanam vanilla, seperti juga negara tetangganya Madagaskar.

Indonesia juga penghasil vanilla di Garut dan Sumedang. Tapi menurut pemandu kami, Selby, menanam vanilla seperti sudah mendarah daging di Seychelles. Vanilla essence bahkan menjadi oleh-oleh khas Seychelles.

Di L'Union Estate kita bisa melihat pohon vanilla yang masih keluarga dari anggrek. Buahnya panjang seperti kacang polong. Selain itu perkebunan ini juga mengolah kelapa kopra.

Itulah empat keunikan Pulau La Digue di Seychelles. Tidak heran wisatawan mancanegara terutama dari Eropa sejak puluhan tahun lalu bermimpi liburan ke pulau ini. Kamu kapan ke sana? (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Penjara di Bawah Air

Sabtu, 19 Mei 2018 22:05 WIB

Pernah terbayang penjara underwater? Di Estonia ada bekas penjara yang dulunya tambang kapur dan terendam air bersih yang dipompa. Pemandangannya cantik.