Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Des 2017 19:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cuma di Jepang, Rumah Duka Berkonsep Drive Through

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Rumah duka berkonsep drive through di Jepang (@T_chimpo/Twitter)
Rumah duka berkonsep drive through di Jepang (@T_chimpo/Twitter)
Ueno - Kalau traveler melihat drive through di Jepang, itu belum tentu tempat jual makanan lho. Di Kota Ueno, ada drive through yang merupakan rumah duka.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (20/12/2017), pemakaman dengan konsep tak biasa itu pun dapat dilihat di Kota Ueno, Prefektur Nagano seperti diberitakan media Nikkei Shimbun.

Adalah Ueda Minami Aishoden, rumah duka berkonsep drive through di Jepang yang baru saja dibuka pada 17 Desember 2017 lalu. Rumah duka model ini pun mungkin adalah yang pertama di Jepang.

Tanpa perlu turun dari mobil, pengunjung rumah duka dapat mendaftarkan diri dan meninggalkan pesan. Selain itu, orang tersebut juga diperbolehkan membakar dupa dan uang duka tanpa mengantre. Praktis sekali ya.

Walau terkesan kurang sopan, nyatanya jasa rumah duka itu dibuat berkenaan dengan semakin meningkatnya jumlah orang tua di Jepang. Soalnya, kasihan juga kalau orang tua diminta antre dalam barisan untuk melayat jenazah yang akan dikremasi atau dimakamkan.

"Awalnya ada beberapa orang yang mengatakan kalau konsep ini tidak sopan, tapi belakangan orang-orang berterima kasih karena kami telah peduli pada lansia hingga difabel," ujar pemilik rumah duka Ueda Minami Aishoden, Juken Takehara.

Selain itu, keluarga yang berduka juga dapat memantau tamu pelayat yang datang naik mobil lewat kamera dan monitor yang terpasang di sisi jendela.

Konsep rumah duka tersebut memang tidak biasa bagi orang Indonesia. Namun di balik pro dan kontra yang ada, yang dihitung tetap niatan setiap pribadi yang melayat. Baik pakai mobil atau pun tidak. Pastiya, ini jadi pemandangan unik bagi para traveler. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED