Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Jan 2018 18:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Seni di Prancis Itu Sampai ke Mobil

Afif Farhan
detikTravel
Naik mobil klasik keliling Nice sampai Antibes (Afif Farhan/detikTravel)
Naik mobil klasik keliling Nice sampai Antibes (Afif Farhan/detikTravel)
Nice - Salah satu aktivitas wisata yang mudah ditemui di Prancis adalah naik mobil klasik. Sebab, mobil antik di sana termasuk seni.

Di pertengahan bulan Desember 2017 kemarin, saya bersam awak media dari Jakarta diundang menjelajahi Prancis oleh Atout France. Dimulai dari Nice yang bikin semua terkesan. Dari bangunan-bangunannya, pantai hingga yang paling asyik adalah naik mobil antik.

Rent A Classic Car merupakan salah satu operator penyewa mobil antik di Nice. Setelah sarapan di Hotel Ellington Nice, 3 mobil klasik datang dan mencuri perhatian. Ya tak hanya kami yang terbelalak, warga setempat pun memperhatikannya.

Rolls-Royce Corniche, Ford Mustang dan Porsche 356 inilah 3 mobil tersebut. Tampilannya begitu klasik dengan atap yang terbuka. Rolls-Royce Corniche dan Ford Mustang kapasitasnya untuk 3 penumpang dan Porsche 356 untuk satu penumpang saja. Saya memilih yang terakhir.

Rolls-Royce CornicheRolls-Royce Corniche (Afif Farhan/detikTravel)


"Mobil Porsche 356 ini asli dari tahun 1950-an. Masih sangat terjaga dan bagus kualitasnya. Kamu pasti suka," kata Axel, driver saya.

Axel memacu mobilnya, mengantarkan saya dari Nice menuju Antibes. Karena akhir tahun, udara dan anginnya cukup dingin juga. Selama perjalanan, Axel pun berbagi cerita tentang mobil klasik dan seni di Prancis.

Seni di Prancis Itu Sampai ke Mobil(Afif Farhan/detikTravel)


"Kamu tahu nggak, Prancis identik dengan seni seperti arsitektur, patung-patung atau lukisan. Selain itu, mobil klasik ini juga merupakan seni," kata Axel.

Apa maksudnya?

"Bagi para pecinta otomotif, mobil-mobil klasik adalah suatu karya seni. Makanya mobil klasik dihargai begitu mahal dan tetap terjaga baik. Di Prancis, seni itu sampai ke mobil seperti yang kamu naiki sekarang ini," paparnya.

Seni di Prancis Itu Sampai ke Mobil(Afif Farhan/detikTravel)

Selama perjalanan, saya pun disuguhi panorama menawan. Gedung-gedung berarsitektur zaman pertengahan, Laut Mediterania yang biru hingga lanskap Pegunungan Alpen bagian selatan yang puncaknya tertutup salju. Indah nian!

Berapa harga naik mobil klasik ini? Menengok website resmi Rent A Classic Car, Porsche 356 yang saya naiki harga per harinya mulai dari 349 Euro atau setara Rp 5,6 juta untuk penyewaan selama satu hari.

Seni di Prancis Itu Sampai ke Mobil(Afif Farhan/detikTravel)

"Ya, memang sedikit mahal sebab perawatan mobil-mobil klasik kami tidaklah murah. Itu setimpal dengan pengalaman dan merasakan mobil-mobil klasik, paling enak naik mobil ini kalau sedang liburan bulan madu. Coba deh nanti," terang Axel.

Setidaknya mengapa tidak mencoba sekali seumur hidup. Naik mobil klasik di Prancis, mengitari Cote d'Azur kawasan selatan Prancis.

Seni di Prancis Itu Sampai ke Mobil(Afif Farhan/detikTravel)



(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED