Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jan 2018 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Nikah Demi Air, Cuma Ada di India!

Bona
Redaksi Travel
pernikahan unik demi air di India (Danish Siddiqui/Reuters)
pernikahan unik demi air di India (Danish Siddiqui/Reuters)
Denganmal - Pernikahan biasanya berlandaskan cinta. Tapi di pedalaman India, ada tradisi unik yang mungkin bisa dijumpai wisatawan yaitu 'water wives', perempuan yang dinikahi demi mendapatkan air.

Dilihat detikTravel dari Reuters, Kamis (4/1/2017) di beberapa wilayah di India, masih ada daerah-daerah yang dilanda kemiskinan. Salah satunya Desa Denganmal, pedalaman Provinsi Maharastra, sekitar 110 km dari Mumbai. Desa ini krisis akan air bersih.

Untuk itulah, ada yang namanya water wives atau istri air. Para wanita ini kebanyakan adalah para janda yang diabaikan oleh keluarganya.

Salah satunya adalah keluarga Sakhram Bhagat, (66). Ia memiliki 3 istri, dua di antaranya dinikahi untuk memastikan keluarganya tidak kekurangan air.

 Nikah Demi Air, Cuma Ada di India!Foto: (Danish Siddiqui/Reuters)
"Istri pertama saya sibuk dengan anak-anak. Ketika istri kedua saya jatuh sakit dan tidak dapat mengambil air, saya menikahi yang ketiga." ujar Bhagat.

Bhagat dan keluarganya menderita akibat kekurangan air minum yang kritis di desa-desa di India. Kebanyakan pria di desa ini bekerja sebagai buruh tani, gajinya pun di bawah umr.

Walaupun poligami ilegal di India, istri air menjadi hal yang biasa di Denganmal. Hal ini sudah berlangsung cukup lama, hanya agar tiap rumah tangga memiliki air yang cukup setiap harinya.

 Nikah Demi Air, Cuma Ada di India!Foto: (Danish Siddiqui/Reuters)
"Tidak mudah memiliki keluarga besar bila tidak ada air," kata Namdeo, warga desa lain yang memiliki dua istri.

Istri Bhagat tinggal di rumah yang sama dengannya namun memiliki kamar dan dapur yang terpisah. Dua di antaranya dipercayakan dengan mengambil air, sementara yang ketiga mengelola dapur.

"Kita seperti saudara perempuan, kami saling membantu. Terkadang kita mungkin memiliki masalah, tapi kita menyelesaikannya di antara kita sendiri." ujar Tuki, salah satu istri Bhagat. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Negara Tempat Lahirnya Kopi

Kamis, 20 Sep 2018 07:55 WIB

Inilah konon di mana biji kopi dilahirkan. Dari warung pedesaan hingga kafe kekinian menyajikan kopi yang berawal mula dari sini, tempat kelahirannya, Ethiopia.