Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jan 2018 16:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Saat Raisa Terpesona Kisah Cinta Taj Mahal

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Raisa dan Hamish di depan Taj Mahal (Raisa Andriana/Instagram)
Raisa dan Hamish di depan Taj Mahal (Raisa Andriana/Instagram)
Agra - Dalam bulan madu ke-2 Raisa dan Hamish di India, Raisa sempat memuji pesona Taj Mahal yang dibangun atas nama cinta. Berikut kisah cinta di balik Taj Mahal.

Hal itu pun diungkapkan oleh Raisa lewat postingan foto di Instagram pribadinya sekitar 17 jam yang lalu. Disebutkan oleh Raisa, kalau Taj Mahal merupakan satu-satunya monumen yang dibangun atas nama cinta.

"Satu-satunya bangunan atau monumen yang tidak dibangun atas nama agama, kekuasaan atau politik, tapi atas nama cinta," tulis Raisa dalam bahasa Inggris.

Momen serupa juga diposting oleh Hamish DaudMomen serupa juga diposting oleh Hamish Daud (Hamish Daud/Instagram)

Apa yang diucapkan oleh Raisa memang tidak salah. Sejatinya Taj Mahal merupakan monumen spesial dari Raja Mughal Shah Jahan pada istrinya yang bernama Mumtaz Mahal.

Dilihat detikTravel dari situs resmi Taj Mahal, Senin (8/1/2018), monumen kebanggaan India itu bahkan disebut sebagai landmark cinta.

Diketahui, Mumtaz Mahal bukanlah istri pertama Shah Jahan. Namun parasnya memang begitu cantik, bahkan sampai membuat Shah Jahan bertekuk lutut.

Taj Mahal merupakan monumen cintaTaj Mahal merupakan monumen cinta (Dominique Faget/AFP)

Alkisah Mumtaz Mahal meninggal saat melahirkan anak ke-14 mereka. Selama lebih dari setahun, Jahan tidak keluar dari ruangan, hanya bersedih. Bahkan diceritakan, rambut Jahan berantakan, memutih, ia tidak mandi, dan tidak berminat memakai pakaian mewah ala kerajaan.

Penyelamat kesedihannya adalah mengingat mendiang istrinya, beserta kisah cinta mereka. Maka mulai tahun 1631, dibangunlah Taj Mahal. Segala aspek di dalamnya menyimpan semua kesukaan Mumtaz, seperti taman nan indah.

Megah dan indahMegah dan indah (Randy/detikTravel)

Bangunan utama di komplek ini adalah makam Mumtaz Mahal. Paling megah, paling indah dan dikelilingi taman terindah. Di dindingnya terdapat kaligrafi ayat Al-Quran yang indah dan memesona. Ruangan yang bisa diakses adalah lantai teratas. Di sana terdapat replika makam Shah Jahan dan Mumtaz Mahal.

Selain itu, dapat dijumpai Empat Menara di sana yang dahulu dipakai untuk adzan. Di sampingnya ada masjid yang dibuat oleh warga sekitar.

Tak sedikit traveler yang datang ke sana saat pagi atau sore hari. Namun jika ingin beda, traveler bisa datang saat malam bulan purnama. Apakah ada di antara traveler yang ingin melihat monumen cinta Taj Mahal berdua dengan pasangan seperti Raisa dan Hamish? (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED