Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Jan 2018 19:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Aneh Tapi Nyata, Hutan Ini dari Satu Pohon

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: (Masaul/detikTravel)
Foto: (Masaul/detikTravel)
Kolkata - Kolkata di India tak hanya menyimpan keunikan dari kotanya. Di sana masih ada satu pohon yang membentuk koloni hingga menjadi seperti hutan.

detikTravel bersama tim menyambangi kota ini beberapa waktu lalu. Jika traveler sudah tahu tempatnya ada di Acharya Jagadish Chandra Bose Indian Botanic Garden atau biasa disebut Kebun Raya Kolkata.

Kebun Raya Kolkata ini terletak di Shibpur, Howrah yang berada di perbatasan Kota Kolkata. Kebun tersebut memamerkan beragam tanaman langka dengan total koleksi mencapai lebih dari 12.000 spesies tanaman yang tersebar di lahan seluas 109 hektar.

Berada di bawah Botanical Survey of India (BSI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Hutan Pemerintah India, kebun ini didirikan pada tahun 1786 oleh Kolonel Robert Kyd. Ia seorang perwira tentara dari British East India Company yang bertujuan mengidentifikasi tanaman baru bernilai komersil.
Pintu gerbang Acharya Jagadish Chandra Bose Indian Botanic Garden (Masaul/detiktravel)Pintu gerbang Acharya Jagadish Chandra Bose Indian Botanic Garden (Masaul/detiktravel)

Sebuah perubahan besar terjadi saat ahli botani, William Roxburgh, menjadi pengawas kebun pada tahun 1793. Ia membawa tanaman dari seluruh India dan mengembangkan herbarium.

Menyoal The Great Banyan atau sebuah pohon yang berubah menjadi hutan ini adalah pohon sejenis beringin (Ficus benghalensis). Batang utamanya hancur setelah terkena dua kali badai siklon besar pada tahun
1864 dan 1867.

Pada tahun 1925, batang utama pohon tersebut dipotong agar sisanya tetap sehat. Setelahnya, batang yang ditinggalkan tumbuh menyebar membuat sebuah koloni yang berasal dari akar merambatnya.

Pohon Banyan yang dipercaya terbesar di Asia (Masaul/detikTravel)Pohon Banyan yang dipercaya terbesar di Asia (Masaul/detikTravel)
Pohon Banyan itu kini dikelilingi oleh pagar yang menjadi pembatas bagi para pengunjung. Umurnya sendiri diperkirakan lebih dari 250 tahun.

Jumlah akarnya yang menjadi batang pohon baru akan mengelabui traveler yang berkunjung dan melihatnya. Dilihat dari udara, pohon ini amatlah besar dan akan terlihat jelas bahwa pohon itu individu sendiri.

Koleksi teratai raksasa di Acharya Jagadish Chandra Bose Indian Botanic Garden (Masaul/detikTravel)Koleksi teratai raksasa di Acharya Jagadish Chandra Bose Indian Botanic Garden (Masaul/detikTravel)

Luasan tanah yang ditempati pohon tersebut sekitar 18.918 meter persegi. Cabang tertingginya naik setinggi 24,5 meter atau hampir setara dengan Gerbang India.

Kebun Raya Kolkata ini buka setiap hari dan untuk harga tiketnya pun amat murah. Bagi warga lokal akan dikenakan tarif sebesar 10 Rupee atau setara Rp 2.100 dan turis asing sebesar 100 Rupee atau setara Rp 21 ribu. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED