Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Jan 2018 08:28 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

'Putri Duyung' Bersenjata, Ikonnya Kota Tua Warsawa

Odilia Winneke Setiawati
Redaksi Travel
Foto: Patung putri duyung yang jadi ikon kota tua Warsawa (Odilia/detikTravel)
Foto: Patung putri duyung yang jadi ikon kota tua Warsawa (Odilia/detikTravel)
Warsawa - Kawasan kota tua Warsawa di Polandia tidak hanya instagenik, tapi juga sarat sejarah. Bahkan ada patung ikonik putri duyung yang mengenakan senjata.

Bangunan kubikal warna-warni jadi ciri khas kawasan ini. Meski pernah dihancurkan oleh Jerman, tempat ini tetap menarik disinggahi.

Di jantung kota Warsawa, lokasi ini sering disebut Old Town atau Old Town Market Place. Pusat segala kegiatan belanja dan makan yang ada di tengah kota. Setelah dihancurkan Jerman, usai Perang Dunia II tempat ini dibangun kembali.

Waktu detikTravel menyinggahi lokasi ini bersama peserta tur Go365Travel beberapa waktu lalu, hujan gerimis turun diiringi angin sejuk akhir musim gugur.
 Bangunan jadul yang berbentuk kubikel (Odilia/detikTravel) Bangunan jadul yang berbentuk kubikel (Odilia/detikTravel)


Jajaran bangunan dengan jendela kotak warna-warni menjadi pemandangan menarik. Apalagi jika buat berfoto selfie. Konon awalnya di abad 13 dibangun dengan gaya Gothic yang terkenal dengan lengkungannya.

Tetapi kemudian dibangun kembali pada tahun 1701 oleh Tylman Gamerski yang memakai gaya Renaissance dan Baroque akhir. Ditandai dengan jendela dan atap berbentuk kotak dan warna-warni catnya.

Di kejauhan terlihat menara jam yang menjulang. Beberapa restoran, kafe dan toko-toko khas Polandia. Di bagian tengah ada banyak orang berfoto di depan patung Putri Duyung dari tembaga yang bernama Syrena.

Suasananya begitu tenang dan syahdu (Odilia/detikTravel)Suasananya begitu tenang dan syahdu (Odilia/detikTravel)

Patung putri duyung ini sangat ikonik dan punya legenda menarik. Konon dahulu, ada seekor putri duyung terperangkap jaring nelayan di tepi sungai dekat Old Town.

Karena punya suara merdu, akhirnya putri duyung ditahan oleh nelayan. Seorang nelayan muda yang mendengar tangisan putri duyung akhirnya berhasil melepaskannya.

Itulah sebabnya patung putri duyung dilengkapi dengan pedang dan tameng sebagai simbol perlindungan untuk penduduk kota. Legenda ini masih banyak diceritakan orang sekitar.

Karenanya jika singgah di Old Town wajib bikin foto selfie atau wefie di depan patung ikonik Warsawa ini. (rdy/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Penjara di Bawah Air

Sabtu, 19 Mei 2018 22:05 WIB

Pernah terbayang penjara underwater? Di Estonia ada bekas penjara yang dulunya tambang kapur dan terendam air bersih yang dipompa. Pemandangannya cantik.