Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Feb 2018 09:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Karnaval Kuno untuk Usir Iblis di Spanyol

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Orang-orang akan menari di Inturen Carnival untuk mengusir Iblis (Vincent West/Reuters)
Orang-orang akan menari di Inturen Carnival untuk mengusir Iblis (Vincent West/Reuters)
Pamplona - Spanyol memiliki beragam karnaval menarik. Seperti Ituren, perayaan paling kuno di Eropa untuk mengusir iblis dengan berpakaian aneh dan menakutkan!

Spanyol dikenal sebagai negara yang memiliki banyak festival di Eropa. Mulai dari perang tomat, berkuda menerobos lingkaran api, dan juga perang-perangan tepung. Tidak hanya itu, Spanyol juga punya karnaval yang dikenal sebagai Ituren Carnival, perayaan kuno untuk mengusir roh jahat dan mendapatkan keberuntungan.

Dikumpulkan detikTravel dari beragam sumber, Rabu (31/1/2018) Ituren Carnival ini telah berlangsung sejak sebelum adanya kekaisaran Romawi. Karnaval ini merupakan yang paling tua dan kuno di Eropa. Pesertanya adalah warga Ituren dan Zubieta, 56 km di sebelah utara Pamplona.

Orang-orang berpakaian dari bulu domba untuk karnaval kuno (AFP)Orang-orang berpakaian dari bulu domba untuk karnaval kuno (AFP)

Orang-orang yang berpartisipasi dalam karnaval disebut Zanpantzar. Mereka mengenakan pakaian berbulu domba dengan lonceng yag melekat dipunggung peserta. Tidak hanya itu, mereka juga mengenakan topi kerucut berwarna-warni, sandal, rok putih dengan renda-renda, dan tangan bergelang ekor kuda.

Karnaval ini biasanya dilakukan pada minggu terakhir pada bulan Januari. Orang-orang di wilayah Ituren dan Zubieta di Spanyol, akan beramai-ramai mengenakan pakaian dari bulu domba dengan lonceng di belakang punggung mereka. Saat perayaan mereka akan menari-nari mengikuti irama musik.

Tarian ini dianggap ritual untuk mengusir iblis. Lonceng yang berada di punggung mereka akan berdentang mengikuti irama lagu dan gerakan ritual. Semakin keras bunyi lonceng, semakin kuat juga energi untuk mengusir mahluk jahat. Selain itu ritual ini juga untuk keberuntungan bagi para petani supaya di musim selanjutnya hasil panen makin meningkat.

Acara juga diramaikan oleh orang-orang yang mengenakan topeng seram (AFP)Acara juga diramaikan oleh orang-orang yang mengenakan topeng seram (AFP)

Perayaan semakin meriah dengan banyaknya orang-orang yang mengenakan beragam pakaian dengan topeng yang menyeramkan. Ada yang menyelimuti dirinya dengan daun-daun, mengenakan masker yang menakutkan, membawa benda-benda seperti gergaji, berpakaian beruang, bahkan ada yang membawa keledai saat karnaval.

Para penduduk yang mengenakan beragam kostum seram ini akan beramai-ramai keliling dan berkumpul di kota. Suasananya begitu ramai! (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Desa Wisata Indonesia

Bagaimana Membangun Desa Wisata?

Senin, 20 Agu 2018 17:15 WIB

Membangun desa wisata, tidak hanya bermodalkan pemandangan indah. Ada beberapa kritertia dan hal-hal penting yang harus diperhatikan.