Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Feb 2018 18:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Dulunya Kumuh, Desa di Mumbai Ini Jadi Warna-warni

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Bangunan yang berwarna-warni di Asalpha, Mumbai (Reuters)
Foto: Bangunan yang berwarna-warni di Asalpha, Mumbai (Reuters)
Mumbai - Tak hanya di Indonesia, desa warna-warni di India juga ramai turis. Seperti Asalpha, Mumbai, yang populer karena bangunan di sana dicat warna-warni.

Merubah desa yang awalnya biasa menjadi warna-warni dilakukan pula di India, tepatnya di Asalpha, Mumbai. Dilansir detikTravel dari Reuters, Kamis (1/2/2018), awalnya pemukiman di perbukitan ini bisa dibilang kumuh dan belum menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi turis.

Hingga sekitar bulan Desember 2017 lalu, Dedeepya Reddy, lulusan Universitas Harvard dan co-founder sebuah agensi kreatif berinisiatif untuk mempercantik Asalpha. Selama dua akhir pekan, Reddy dan timnya, yaitu 700 relawan, mewarnai tembok rumah dan jalanan di pemukiman atas bukit ini.

Penduduk setempat awalnya agak keberatan, namun akhirnya menerima gagasan ini, juga ikut serta dalam proses pengecatan, bahkan menggambar mural-mural unik di dinding rumah. Bangunan di Asalpha dicat dengan warna-warna cerah. Rumah yang ada di sana pun kini semakin cantik dan tentunya fotogenik.

Reddy berinisiatif melakukan make over ini untuk membantu mensejahterakan penduduk setempat yang kurang mampu. Sekaligus merubah persepsi terkait kawasan kumuh yang kotor dan berbahaya.

Setelah dipercantik Asalpha kini mulai dilirik turis. Beberapa minggu belakangan makin banyak wisatawan yang datang ke sana buat sekadar berkeliling desa maupun foto-foto dan diunggah ke media sosial. Asalpha bahkan disebut-sebut mirip dengan Amalfi Coast yang terkenal di Italia.

Selain Asalpha, Reddy beserta para relawan berencana menyulap 7 kawasan kumuh di perbukitan lainnya menjadi warna-warni. Proyeknya ini dinamakan sebagai Reddy'Chal Rang De atau Let's Colour It. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED