Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Feb 2018 19:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Di Sinilah Tempat Lahirnya Bahasa Tulis Pertama Eropa

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Sunset di Santorini, Yunani (BBC Travel)
Sunset di Santorini, Yunani (BBC Travel)
Santorini - Dapatkah traveler menerka di mana tempat lahirnya bahasa tulis pertama di Eropa? Tempat itu sudah terkenal dengan kecantikannya: Santorini.

Melansir BBC Travel, Jumat (2/2/2018), inilah tempat berupa kaldera berbatas laut di mana mempunyai pemandangan matahari tenggelam yang super cantik di antara pantai pasir hitamnya. Adalah Santorini, tempat di mana sistem bahasa tulis pertama kali diciptakan.

Cerita singkatnya, selama Zaman Perunggu, sekitar 5.000 tahun yang lalu, Santorini adalah satu daratan vulkanik yang disebut Stronghyle yang berarti bulat dalam bahasa Yunani. Pada waktu itu sebuah peradaban mulai berkembang di Pulau Kreta.

Penduduknya adalah Minoa, orang-orang yang penuh teka-teki dan berpendidikan. Mereka juga meruapakan para pejuang, pedagang, seniman, dan pelaut.

Asal-usul nenek moyang Minoa telah menjadi subyek perselisihan. Beberapa orang percaya bahwa mereka adalah pengungsi dari delta Sungai Nil Mesir, sementara yang lain mengatakan bahwa mereka berasal dari Palestina kuno, Suriah atau Mesopotamia Utara.

Di Sinilah Tempat Lahirnya Bahasa Tulis Pertama EropaKepulauan Santorini (BBC Travel)


Penelitian terbaru mengatakan bahwa Minoa berasal dari peradaban lokal yang berasal dari petani dan tinggal di Yunani juga Anatolia barat daya. Antara tahun 2600 dan 1100 sebelum masehi, ada peradaban maju di Santorini.

Penggalian di Kreta, terutama di Knossos (ibu kota Minoan Crete), telah ditemukan sisa-sisa bekas istana yang megah, perhiasan emas, dan lukisan dinding yang cantik. Selama berabad-abad, Kerajaan Minoan meluas ke Pulau Rhodes (309 km timur Stronghyle) serta bagian-bagian pantai Turki dan mungkin sampai ke Mesir dan Syria.

Stronghyle (sekarang disebut Santorini) adalah pos terdepan yang sangat penting bagi orang-orang Minoa. Posisinya amat istimewa karena teletak di rute perdagangan tembaga antara Siprus dan Minoan Crete.

"Penggalian di Akrotiri (sebuah desa di selatan tenggara Santorini) telah dinemukan rumah tiga lantai, istana, jalan beraspal pertama di Eropa, sistem aliran air dan pembuangan yang canggih," kata Paraskevi Nomikou, asisten profesor geografi oseanografi dan geografi alam di Universitas Athena.

Yang paling menarik dari semuanya, sistem penulisan pertama di Eropa ditemukan di gedung-gedung di Akrotiri. Di permukaan bebatuan Zaman Perunggu di istana Kreta di Knossos dan Malia, orang Mino menuliskan kata-kata pertama mereka dalam bentuk Hieroglyphics Kreta dan Linear A.

Di Sinilah Tempat Lahirnya Bahasa Tulis Pertama EropaBentuk tulisan Linear A (BBC Travel)


Kreta Hieroglyphs adalah naskah kuno yang terlihat seperti tanaman, hewan, bagian tubuh, senjata, kapal dan benda lainnya dan diyakini telah digunakan sampai pada tahun 1700 sebelum masehi. Secara bertahap, orang-orang Minoa memperbaiki Kreta Hieroglyphs ke Linear A yang jauh lebih terstruktur sampai pada tahun 1450 sebelum masehi.

Linear A memiliki 200 tanda dan juga lebih dari 70 tanda suku kata. Hal itu membuatnya lebih mirip seperti bahasa yang kita kenal sekarang (meski kedua skrip itu tetap tidak terbaca).

Pencipta naskah tulisan paling awal di Eropa telah dipuji sebagai peradaban pertama. Merekalah yang melek huruf dan paling maju di benua biru ini.

Antara tahun 1627 dan 1600 sebelum masehi terjadi Letusan Minoan atau Santorini dan mungkin letusan terbesar dalam 10.000 tahun terakhir yang terjadi di Stronghyle. Letusan ini membentuk sebuah laguna di utara pulau itu, tanah longsor setinggi 60 meter dan memicu gelombang tsunami setinggi 9 meter yang menghantam pantai Kreta, mungkin sampai ke Turki barat dan bahkan Israel.

Begitu bencana berakhir, kaldera modern mulai terbentuk dan menjadi Santorini yang kini ada. Bagi orang Minoa, hal itu adalah awal dari sebuah akhir.

Letusan vulkanik itu menghancurkan kapal-kapal dan karbon dioksida yang dilepaskan mengganggu keseimbangan iklim hingga menghancurkan pertanian Minoan. Tapi, yang mengejutkan Nomikou adalah tidak seperti kota Romawi kuno Pompeii yang dikubur lebih dari 6 meter abu vulkanik, tidak ada mayat yang pernah ditemukan di Santorini.

Santorini adalah kepulauan yang terdiri dari lima Kepulauan Cyclades dan terletak di Laut Aegea selatan. Terdiri dari pulau utama Thera, Therasia, Aspronisi, dan dua pulau lava. Kelimanya mengelilingi kaldera super besar yang berbentuk seperti mangkuk. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED