Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Feb 2018 19:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Jangan Lakukan Hal-hal Ini Saat Berada di Eropa!

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi traveler (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi traveler (Thinkstock)
Berlin - Beda negara, beda juga kebiasaannya. Ada beberapa hal yang mungkin dilakukan wisatawan, namun itu dilarang di kota tertentu di Eropa.

Yang dilarang di Jerman, belum tentu dilarang di Yunani. Namun, wisatawan mungkin melakukannya. Kalau meleakukan, bisa kena denda lho.

Ditelusuri detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (21/2/2018), berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di beberapa negara Eropa:

1. Jerman dan Swiss: Dilarang berisik di hari Minggu

Waktu bersantai menjadi kebutuhan primer seseorang. Di Jerman dan Swiss misalnya, traveler tidak diperbolehkan berisik dalam bentuk apapun. Termasuk menggunting rumput, mengebor jalan atau pembangunan konstruksi dilarang.

Di Jerman, hal ini disebut Sonntagsruhe, yang berarti 'Minggu tenang' atau istirahat di hari minggu. Semua orang mempunyai waktu istirahat di hari Minggu, khususnya saat pagi hari. Bahkan, di Swiss hukum pun menuliskan bahwa orang dilarang membilas (flush) toilet di atas jam 10 malam.

2. Athena: Dilarang memakai sepatu hak tinggi

Selera fesyen, boleh saja sesuka hati. Tetapi, jangan berani-berani pakai sepatu hak tinggi di beberapa tempat Yunani.

Di beberapa tempat bersejarah Athena misalnya, orang-orang dilarang untuk memakai sepatu hak tinggi di tempat bersejarah. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan benda bersejarah yang diakibatkan oleh ujung atau penyangga sepatu. Waduh!

3. Mallorca: Dilarang memakai setelan mandi di luar pantai

Kalau traveler pergi ke Palma de Mallorca, Mallorca, Spanyol, jangan berani-berani untuk memakai setelan mandi seperti bikini, celana renang atau handuk kimono.

Memakai pakaian tersebut hanya boleh di kawasan pantai. Jika tidak, polisi setempat akan menerapkan denda berkisar EUR 100-500, atau setara dengan Rp 1,6-8 juta!

4. Venesia dan Wina: Dilarang memberi makan merpati

Di beberapa tempat, burung merpati yang terbang dan berkeliaran memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain menggemaskan, juga cocok menjadi objek foto instagenik.

Namun, di Venesia, Italia dan Wina, Swiss, hal ini merupakan tindakan ilegal. Ini karena kotoran merpati dapat merusak monumen dan bangunan bersejarah. Pelanggar bisa dikenakan denda ratusan euro lho.

5. Dilarang memotret kantor pemerintahan

Ingin mengambil foto kantor pemerintahan yang keren sebagai kenang-kenangan? Jangan harap kamu bisa lakukan ini di Romania, Rusia, Spanyol, Ukraina, dan Hungaria.

Sebenarnya, tindakan ini tidak langsung menjadi sebuah pelanggaran. Namun, memotret bangunan pemerintahan, bandara atau bangunan-bangunan penting bagi negara tersebut akan lebih dicurigai. Tidak jarang, para petugas akan bertanya kepada si pengambil gambar atas tindakannya tersebut.

Begitupun saat mengambil gambar di Prancis. Jangan sampai berfoto di dekat polisi ya, kalau tidak mau ditanya macam-macam! (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED