Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Feb 2018 18:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Black Panther dan Suku-suku di Afrika

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi film Black Panther (dok.IMDB)
Nairobi - Film 'Black Panther' sedang dibicarakan dunia. Selain ceritanya yang seru, film garapan Marvel ini juga menampilkan suku-suku Afrika. Apa saja ya?

Wakanda adalah kota fiksi di Afrika yang dipimpin oleh T'Challa sang Black Panther. Terdapat lima suku yang hidup di Kota Wakanda. Suku-suku ini memiliki keanekaragamanan, mulai dari baju, aksessoris, dan juga tempat hidupnya.

Penasaran kan suku apa saja yang ada di Black Panther? Dikumpulkan detikTravel, Rabu (21/2/2018) unsur kebudayaan Afrika dapat dilihat dari kostum dan aksesoris yang digunakan para aktor. Dalam wawancaranya bersama CNN, desainer Black Panther Ruth E Carter mengungkap bahwa dia langsung survey untuk bisa menciptakan kostum sedetail dan mewakili Afrika.

Nah, suku-suku yang mewakili Afrika di Black Panther sebagai berikut.

1. Suku Kente

T'Challa memakai syal Kente (@diasporicblues/Twitter)T'Challa memakai syal Kente (@diasporicblues/Twitter)

Ingat kan adegan terakhir dimana T'Challa memakai syal orange berpadu hijau dengan corak-corak cantik? Syal yang ditenun itu biasanya dipakai Suku Kente. Dahulunya syal itu hanya dipakai oleh bangsawan dan untuk acara-acara khusus.

2. Suku Igbo

Topeng di Suku Igbo (@diasporicblues/Twitter)Topeng di Suku Igbo (@diasporicblues/Twitter)

Adapun ciri dari Suku Igbo adalah menggunakan topeng bertanduk yang biasanya digunakan untuk ritual. Di dalam Black Panther, topeng bertanduk ini diperlihatkan di dalam museum yang dirampok oleh Erik Killmonger.

3. Suku Zulu

Wanita Zulu memakai isicolo (@diasporicblues/Twitter)Wanita Zulu memakai isicolo (@diasporicblues/Twitter)

Ratu Ramonda, ibunda T'Challan dan Shuri terlihat anggun dengan topi besar di kepalanya. Topi ini disebut isicolo dan biasanya digunakan oleh Suku Zulu.

Icisolo terbuat dari rumput dan kapas yang ditenun. Ukuran dak warnanya berbeda-beda, tergantung dari kebijakan kaumnya. Isicolo biasanya dipakai oleh wanita-wanita yang sudah menikah.

4. Suku Basotho

Suku Basotho (@diasporicblues/Twitter)Suku Basotho (@diasporicblues/Twitter)

Di Afrika, beberapa suku menggunakan jubah sebagai identitas diri. Salah satunya adalah Suku Basotho yang hidup di Lesotho, wilayah pegunungan Afrika Selatan. Jubah ini biasanya sebagai identitas diri dan pelindung dari salju. Suku ini juga dikenal dengan pria dan wanitanya yang tangguh,

Di Black Panther, suku ini diperlihatkan di kostum prajurit yang menjaga perbatasan Wakanda. Terlihat prajurit mengenakan jubah yang memiliki kekuatan layaknya perisai. Juga mereka naik badak sebagai kendaraan perang,

5. Perwakilan seluruh suku

Wajah Shuri yang dilukis (@diasporicblues/Twitter)Wajah Shuri yang dilukis (@diasporicblues/Twitter)

Afrika memiliki lebih dari 3.000 suku dengan kebegaramannya mulai dari bahasa, budaya dan tradisi. Mereka memiliki tolak ukur bahagia, kecantikan dengan cara yang unik.

Salah satunya adalah make up wajah, atau tepatnya wajah yang dilukis dengan cat. Mereka memiliki beragam motif untuk menunjukan identitas suku mereka. Tujuan dari lukis wajah ini di antaranya untuk ritual, berburu, untuk keperluan agama, militer dan juga untuk menakuti musuh. Lukis menjadi status dalam menunjukan budaya yang kuat.

Dalam Black Panther, dapat kita lihat sebagian besar orang-orang wajahnya dilukis. Beda lukisan wajah dan warnanya tergantung dari siapa dia dan jabatan di kaumnya.

Masih banyak lagi unsur budaya yang dimiliki Afrika yang bisa traveler perhatikan secara detail. Suku-suku di atas hanya sebagian kecil yang menginspirasi desainer kostum pemain di Black Panther. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA