Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Mar 2018 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Penjaga Sawah Seram di Jepang: Serigala Monster Vs Kepala Manekin

Afif Farhan
Redaksi Travel
(Getty Images & AFP)
(Getty Images & AFP)
Kobe - Sedang heboh di Jepang, penjaga sawah dengan rupa serigala monster. Sebelum itu, rupanya ada penjaga sawah berupa manekin yang nggak kalah seram!

Jepang menggunakan 'serigala super monster' untuk menjaga sawah dari binatang atau hama. Seperti dilihat dari BBC, Jumat (9/3/2018) itu adalah robot yang bentuknya seperti serigala dnegan tampang menyeramkan.

Robot yang diberi nama 'Super Monster Wolf' tersebut memiliki ukuran panjang 65 cm dan tinggi 50 cm. Bagian matanya dilengkapi dengan sinar berwarna merah menyala. Jika ada binatang yang mendekat, sinar di mata itu akan menyala terang.

Robot serigala monster tersebut menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Saat ini Super Monster Wolf tengah dalam produksi massal dan rencananya bakal ditaruh di tiap sawah di Jepang.

Serigala Monster yang bakal ditaruh di sawah-sawah Jepang (AFP)Serigala Monster yang bakal ditaruh di sawah-sawah Jepang (AFP)


Serigala monster dengan tampang yang menyeramkan (AFP)Serigala monster dengan tampang yang menyeramkan (AFP)


Sebelum Serigala Monster, Ada Manekin

Dalam catatan detikTravel, soal penjaga sawah di Jepang memang orang-orang sana selalu punya inovasi. Tahun 2015 silam, sawah-sawah di kawasan Kobe punya penjaga sawah yang tak kalah mengerikannya dengan si serigala monster. Penjaga sawahnya adalah potongan kepala manekin!

Bukan cuma satu atau dua, tapi lusinan petak sawah di Kobe ditaruh manekin yang sebagai orang-orangan sawah. Hanya bagian kepala saja yang ditaruh ditengah sawah dan ditancapkan di atas kayu.

Potongan kepala manekin di sawah-sawah di Kobe, Jepang (CNN Travel)Potongan kepala manekin di sawah-sawah di Kobe, Jepang (CNN Travel)


Fungsinya pun sama dengan orang-orangan sawah pada umumnya. Manekin itu berfungsi untuk menakut-nakuti burung dan hawa lainnya yang bakal memakan hasil panen para petani.

BACA JUGA: Surga Para Pecinta One Piece

Kepala manekinnya memang ditambahi wig atau topi yang membuatnya makin mirip seperti kepala manusia. Ternyata, para petani hanya menggunakan manekin sebagai orang-orangan sawah pada bulan Agustus saja, di pertengahan dan akhir bulannya. Ketika itu, mereka sedang panen dan burung-burung yang datang ke sawah akan semakin banyak. Setelah panen usai, manekin di simpan kembali dan dipersiapkan untuk tahun depannya.

Cukup seram bukan? (CNN Travel)Cukup seram bukan? (CNN Travel)


Hal tersebut pun ramai diperbincangkan, sebabnya penjaga sawah berupa potongan kepala manekin dinilai menyeramkan. Apalagi saat berkendara di malam hari dan cahaya lampu mobil menyoroti manekinnya, bikin jantungan!

Namun banyak pihak menilai, kalau serigaala monster dirasa paling efektif. Sebabnya dengan sinar merah di matanya, bisa mengusir binatang atau hama yang mau mengacak-acak sawah. Lebih modern, dibandingkan kepala manekin yang cuma bisa goyang-goyang saja.

Menurut kamu, bagaimana?

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED