Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Mar 2018 07:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Antara Kebun Raya di Sydney dan Bogor, Bagus Mana Ya?

Aditya Mardiastuti
Redaksi Travel
Foto: The Royal Botanical Garden Sydney (Aditya Mardiastuti/detikTravel)
Foto: The Royal Botanical Garden Sydney (Aditya Mardiastuti/detikTravel)
Sydney - Seperti halnya Indonesia, Australia juga punya kebun raya. Apa bedanya? Coba saja liburan ke Sydney dan melihatnya.

Adalah Kawasan The Royal Botanical Garden. Merupakan salah satu kebun raya yang menarik dikunjungi ketika liburan ke Sydney, Australia.

Rumah bagi aneka tanaman dan bunga warna-warni, The Royal Botanical Garden ini berlokasi di Mrs Macquaries Road Sydney, NSW, Australia. Lokasinya berada di pusat kota dan berdekatan dengan kawasan Sydney Harbour.

Royal Botanical Garden ini merupakan institusi ilmiah kebun raya tertua di Australia untuk mempelajari dan mendokumentasikan aneka tanaman. Karenanya jangan heran, ada klinik tanaman di kebun tersebut.

Saat detikTravel berkunjung pada Kamis (15/3/2018), terlihat sejumlah anak-anak sekolah sedang menyimak penjelasan dari pemandu. Mereka juga diajak berkeliling kebun untuk dikenalkan aneka flora yang ada di sana.

Selain menjadi rumah bagi aneka tanaman, kebun raya itu juga dipercantik dengan patung-patung dan juga monumen. Di kebun itu juga ada Rathborne Lodge sebuah rumah kuno yang dibangun pada 1856 sebagai rumah tukang kebun gubernur, yang kini sering disewakan untuk lokasi pernikahan maupun pertemuan.


Lokasinya yang sejuk dan rindang juga menjadi salah satu destinasi wisata bagi keluarga atau pekerja kantoran yang beristirahat baik yang duduk lesehan di rerumputan maupun di bangku taman. Di kebun ini juga terlihat beberapa burung yang terbang bebas, salah satunya Australian white Ibis, burung warna putih berparuh hitam panjang hingga burung camar.

Salah satu sudut The Royal Botanical GardenSalah satu sudut The Royal Botanical Garden Foto: (Aditya Mardiastuti/detikTravel)

Berkeliling kebun ini tak puas jika belum mampir di The Callix. The Callix ini merupakan rumah polinasi atau penyerbukan. Untuk masuk ke venue ini pengunjung bisa memberikan donasi sukarela yang dibuka dari pukul 07.00-16.00 waktu setempat.

Traveler bisa menikmati aneka bunga warna-warni dan tanaman yang dirangkai menjadi lebah dan digantung di langit-langit rumah kaca. Selain taman bunga, di lokasi ini juga tersedia kelas menggambar hingga aneka suvenir.

Oh iya, ada juga kereta mini yang membawa pengunjung berkeliling di kebun ini. Startnya dari Sydney Harbour yang berdekatan dengan pintu gerbang Opera House.


Karena lokasinya yang berdekatan dengan Sydney Harbour, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan laut. Lokasi ini juga dijadikan salah satu tempat berolahraga. Jangan heran ketika berkunjung siang hari banyak warga Australia yang olahraga lari sekalian berjemur.

Untuk koleksi tumbuhan, kebun raya di Bogor tidak kalah dengan Sydney. Kebun Raya Bogor juga menjaga aspek sejarah dan sisi ilmiah, sehingga kebun raya bukan cuma tempat rekreasi, tapi juga edukasi. Tinggal bagaimana belajar dari Sydney untuk mengelola pengunjung dengan lebih baik dan tertib. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Setelah China, Adalah India

Selasa, 24 Apr 2018 17:10 WIB

Pertumbuhan kunjungan turis India ke Indonesia, adalah terbesar kedua setelah turis China. Ini yang mau digarap serius oleh Kementerian Pariwisata.