Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Mar 2018 19:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ada di Jepang, Kawasan Belanja Khusus Lansia

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Kawasan Sugamo Jizo Dori di Tokyo (BBC Travel)
Kawasan Sugamo Jizo Dori di Tokyo (BBC Travel)
Tokyo - Kawasan belanja kekinian untuk anak muda dan kaum hipster tengah menjamur di banyak kota besar dunia. Namun di Jepang, ada kawasan belanja untuk lansia.

Negeri Sakura Jepang memiliki jumlah warga senior atau lansia di atas negara kebanyakan. Berdasarkan data sensus nasional Jepang tahun 2015, Jepang memiliki persentase 26,7% lansia berumur 65 tahun ke atas dari total 127 juta populasi seperti diberitakan media Japan Times.

Oleh sebab itu, pemerintah Jepang atau khususnya Tokyo cukup menaruh perhatian pada warganya yang sudah lansia. Hal itu pun dibuktikan engan hadirnya kawasan belanja Sugamo Jizo Dori di Tokyo yang populer di kalangan lansia.

BACA JUGA: Momen Langka di Tokyo, Sakura Mekar Saat Bersalju

Dilansir detikTravel dari CNN, Jumat (23/3/2018), tak sedikit yang menyebut Sugamo Jizo Dori sebagai Harajuku-nya kaum lansia. Wah, seperti apa ya?

Apabila kawasan Harajuku diisi oleh para cosplayer dan orang-orang berpakaian nyentrik, maka lain halnya dengan di Sugamo Jizo Dori. Di sini, pemandangan utamanya adalah para kaum lansia yang sibuk hilir mudik.

Tak sedikit lansia yang hilir mudik di sini (BBC Travel) Tak sedikit lansia yang hilir mudik di sini (BBC Travel)

Namun apabila memperhatikan, ada yang unik pada para lansia yang datang ke Sugamo Jizo Dori. Tak sedikit yang memakai celana merah.

Soalnya, warna merah jadi warna keberuntungan dan kesehatan yang kerap diasosiasikan dengan lansia berumur 60 tahun ke atas. Malah ada toko bernama Maruji yang khusus menjual celana warna merah!

Selain itu, spot populer berikutnya di Sugamo Jizo Dori adalah kuil Koganji. Di sana dapat ditemui patung Togenuki Jizo yang dipercaya dapat memberi kesehatan apabila dibasuh dengan air menggunakan tangan. Yang antre kebanyakan adalah kaum lansia.

Ada banyak toko jasa khusus lansia (BBC Travel) Ada banyak toko jasa khusus lansia (BBC Travel)

Menariknya lagi, tak sedikit toko di Sugamo Jizo Dori yang memiliki fitur ramah lansia. Sebut saja jalanan yang datar, tiadanya pagar sampai jalur khusus kursi roda. Belum lagi para penjaga tokonya yang sangat ramah.

Adapun salah satu alasan utama kenapa Sugamo Jizo Dori begitu disukai kaum lansia adalah karena suasananya yang sarat nostalgia. Suasana di sana disebut seakan membawa traveler 40 tahun ke belakang dari masa sekarang.

Bagi traveler yang bukan lansia, tentu juga sangat bisa mengunjungi Sugamo Jizo Dori. Ada banyak toko camilan makanan khas Jepang dan oleh-oleh dapat dijumpai di sini.

Cara ke sana:

Traveler cukup berjalan kaki 5 menit dari Stasiun Sugamo atau Stasiun Koushinzuka di jalur JR Yamanote dan Mita Subway.

BACA JUGA: Jangan Kaget, Ini Motor Mewah Tunggangan Anak SMA

(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED