Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Mar 2018 16:09 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inikah Stadion Sepakbola Terindah di Utara Bumi?

Afif Farhan
detikTravel
Stadion Tasiilaq (Visit Greenland)
Stadion Tasiilaq (Visit Greenland)
Tasiilaq - Bayangkan, stadion sepakbola dengan panorama pegunungan yang diselimuti es. Stadion Tasiilaq namanya dan disebut-sebut salah satu terindah di dunia.

Greenland, negara kepulauan terbesar sedunia di utara Bumi ini selalu punya cerita menarik. Dari kehidupan masyarakatnya, panorama alam, Aurora hingga stadion sepakbola.

Ya, walaupun jauh di utara Bumi sana masih terdapat stadion sepakbola. Salah satunya yang bahkan masuk daftar stadion sepakbola terindah di dunia adalah Tasiilaq Stadium alias Stadion Tasiilaq di Greenland.

Dalam website Visit Greenland seperti dilihat detikTrave, Selasa (27/3/2018) Stadion Tasiilaq berada di Kota Tasiilaq. Kota di bagian timur Greenland ini merupakan kota ketujuh terbesar dengan penduduk mencapai 2.000-an jiwa.

BACA JUGA: Seperti Inilah Kehidupan Terpencil di Greenland

Stadion Tasiilaq pun sebenarnya bukan stadion-stadion sepakbola yang biasa kita lihat. Hanya berupa lapangan saja dengan gawang, para penonton pun bisa menyaksikan pertandingan dengan duduk-duduk di pinggir lapangan.

Stadion Tasiilaq yang terlihat bentang pegunungan es di belakangnya (Visit Greenland)Stadion Tasiilaq yang terlihat bentang pegunungan es di belakangnya (Visit Greenland)


Yang menarik di Stadion Tasiilaq, adalah lanskap alamnya yang terlihat dari lapangan. Pegunungan tinggi menjulang dnegan puncak tertutup es sepanjang tahun. Belum lagi, rumah-rumah khas masyarakat Greenland yang berwarna-warni bikin makin elok dipandang.

Stadion Tasiilaq ternyata sudah eksis sejak tahun 1960. Lapangan sepakbola ini digunakan masyarakat setempat saat musim panas. Mereka akan menuju ke sana, saling bercengkrama dan melihat anak-anak mudanya bermain sepakbola.

Penduduk Tasiilaq menyaksikan pertandingan sepakbola di sana (Visit Greenland)Penduduk Tasiilaq menyaksikan pertandingan sepakbola di sana (Visit Greenland)


Greenland sendiri sebenarnya mempunyai liga sepakbola yang bernama Greenlandic Football Championship. Liga ini juga hanya berlangsung di musim panas saat es mencair, dengan durasi musim yang lebih singkat dibanding liga-liga di Eropa. Tasiilaq mempunyai tim sepakbola juga lho, namanya ATA 1960. Stadion Tasiilaq itulah yang jadi markasnya ATA 1960.

ATA 1960, tim sepakbola Tasiilaq (Visit Greenland)SeporterATA 1960, tim sepakbola Tasiilaq (VisitGreenland


Menuju Tasiilaq, dapat ditempuh naik pesawat selama 1 jam 40 menit dari Nuuk, ibukota negara Greenland. Atau dengan waktu tempuh yang sama, dari Kota Reykjavik di Islandia.

BACA JUGA: Keindahan Greenland, Pulau Terbesar di Dunia

Asyiknya, sudah 50 tahun lebih penduduk di Tasiilaq menggantungkan hidupnya dari pariwisata (selain menjadi nelayan). Mereka sudah bisa menyambut turis dengan senang hati dan tak segan untuk mengajak bermain sepakbola bersama.

Selamat datang di Tasiilaq yang punya salah satu stadion terindah di dunia dari utara Bumi!

Menonton pertandingan sepakbola di utara Bumi (Visit Greenland)Menonton pertandingan sepakbola di utara Bumi (Visit Greenland)


BACA JUGA: Mengenang Probosutedjo, Pernah Punya Mobil Sukarno

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA