Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Mar 2018 18:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tradisi Lukis Tengkorak yang Hampir Punah di Eropa

Bona
detikTravel
Tradisi lukis tengkorak di Austria (Instagram)
Tradisi lukis tengkorak di Austria (Instagram)
Hallstatt - Kota Hallstatt di Austria punya panorama alam yang indah. Tapi sedikit yang tahu, kota ini juga punya tradisi lukis tengkorak yang hampir punah.

Gereja katolik Hallstatt, St Michael Chapel dibangun pada abad ke-12. Di belakang gereja ini terdapat sebuah ruangan kecil yang bernama Charnel House. Di sinilah sejarah dan tradisi dimulai.

Pada tahun 1700-an, gereja mulai kehabisan tempat untuk makam baru. Akhirnya, disepakati adanya menimpa kuburan yang berusia 10-15 tahun. Tengkorak yang sudah ada di dalam kubur tersebut dipindahkan ke dalam Charnel House atau belih dikenal dengan Beinhaus Hallstatt, seperti dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (28/3/2018).

Kerangka-kerangka tersebut di angkat dan dibersihkan di bawah sinar matahari. Setelah dijemur, kerangka-kerangka tersebut dipindahkan ke dalam Charnel House, seperti yang diintip dari Atlas Obscura, Rabu (28/3/2018).

Tradisi Lukis Tengkorak yang Hampir Punah di EropaFoto: (gabi.0323/Instagram)
Charnel House dibuat seperti rak yang bersusun. Tulang-tulang badan di susun rapih dibagian bawah rak. Sedangkan tengkoraknya di tata di rak bagian atas. Rak bagian atas diberi lilin dan salib sebagai tanda penghormatan.

Pada tahun 1720, mulailah tradisi melukis tengkorak. Tengkorak tersebut di beri simbol sebagai tanda cinta, nama dan tanggal lahir. Sehingga para keluarga bisa mengingat leluhur mereka.



Tak semua tengkorak dilukis, dari 1.200 tengkorak hanya 610 tengkorak yang berhasil di lukis. Perbedaan tahun lukis bisa dilihat dari gaya simbol dan cat.

Charnel House Charnel House Foto: (nels_hads/Instagram)
Untuk tengkorak di tahun 1700-an di cat dengan karangan tebal dan gelap. Sedangkan pada tahun 1800-an di beri gaya lukis yang lebih cerah dengan bunga.

Tradisi ini pun mulai berangsur hilang sejak tahun 1960-an. Tengkorak paling baru berasal dari tahun 1983. Rak-rak tengkorak ini diamankan dengan rantai besi yang jadi pembatas.

Traveler yang berlibur ke Hallstatt di Austria bisa menyempatkan diri untuk melihat tradisi lukis tengkorak ini. Tak perlu takut, karena tampilan tengkorak-tengkoraknya jadi cantik.

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya