Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Mar 2018 13:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tempat Cuci Baju di India, Terbesar Sedunia!

Syanti Mustika
detikTravel
Ratusan ribu pakaian dijemur di Dhobi Gat (karma_indeed_/Instagram)
Mumbai - Di Indonesia, jasa laundry sudah pakai mesin cuci semua. Tapi di Mumbai, India, jasa laundry masih pakai tangan. Maka jadilah tempat cuci baju terbesar sedunia.

Dikumpulkan detikTravel dari beragam sumber, Kamis (29/3/2018) di India terdapat wilayah yang dikenal sebagai pusat luundy outdoor terbesar di dunia. Berlokasi di Kota Mumbai dan dengan nama Dhobi Gat.

Laundy manual telah menjadi ciri khas dari Dhobi Gat. Dimana setiap harinya ratusan ribu helai pakaian dicuci menggunakan tangan oleh 7.000 pekerja yang bekerja selama 20 jam. Pemandangan dimana pria maupun wanita mengucek, memukul, membilas, menjemur pakaian menjadi pemandangan yang sangat lazim di sini.



Pakaian-pakaian ini didapatkan dari hotel dan rumah sakit. Mereka nantinya akan menyortir dan memilah-milah baju supaya tidak ada yang tercampur dan tertukar.

Tempat Cuci Baju di India, Terbesar Sedunia!Suasana di Dhobi Gat (slidingsneakers/Instagram)

Baju-baju ini nantinya dicuci di dalam bak yang telah berisi air dan dilengkapi batu cucian. Jumlah bak cuci di Dhobi Gat sekarang telah lebih dari 1.000 bak! Mereka nantinya akan merendam pakaian selama semalam, kemudian baju-baju tersebut dipukul-pukul dan dihempaskan sampai bersih. Setelah dibilas barulah dijemur.

Hampir selama satu abad Dhobi Gat dikenal sebagai kawasan laundry. Mereka telah ada semenjak tahun 1890 dan didirikan untuk melayani orang Persia dan Inggris. Namun sekarang kawasan ini telah menjadi salah satu ikon perkembangan ekonomi di Mumbai.

Tempat Cuci Baju di India, Terbesar Sedunia!Bak yang digunakan untuk mencuci (rannahaoui/Instagram)

Pada tahun 2011 Dhobi Gat masuk ke dalam Guinness Book of World Records karena jumlah pakaian dan pekerja yang mencuci dengan tangan secara bersamaan.

Pemandangan pakaian yang dijemur ini menjadi daya tarik tersendiri oleh para traveler. Mereka biasanya memfoto dari ketinggian Saat Dhobi Gat diselimuti oleh baju-baju. Jika traveler tertarik ke sini, datanglah saat pagi hari. Karena para pekerja mulai sibuk saat matahari telah naik.

(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA