Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Mar 2018 22:59 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pysanka, Telur Paskah Raksasa dari Ukraina

Bona
detikTravel
Museum Pysanka di Ukraina (Instagram)
Kolomyia - Perayaan Paskah di Ukraina cirinya adalah telur Paskah tradisional yang disebut Pysanka. Warna dan motifnya berbeda, bahkan ada Museum Pysanka!

Telur menjadi simbol yang umum bagi umat Kristen yang merayakan Paskah di berbagai negara. Ukaraina pun demikian.

Namun ada hal yang membedakan dari telur paskah Ukraina yaitu simbol yang dilukis di kulit telur. Ukraina punya sebutan sendiri bagi telur paskah, namanya Pysanka, seperti yang diintip detikTravel dari beberapa sumber, Sabtu (31/3/2018).

Tak tanggung-tanggung, Ukraina punya museum khusus untuk Pysanka. Di depan museumnya terdapat telur raksasa yang digambar dengan motif tradisional. Namanya Museum Pysanka!

Pysanka, Telur Paskah Raksasa dari UkrainaFoto: Telur Pysanka yang unik (Instagram)

Di dalam Museum Pysanka, kamu akan menemukan berbagai macam motif dari Pysanka. Pysanka digantung, ditempel dan dijadikan dekorasi di tiap sudut museum.

Selain itu, di dalam museum ini ada lebih dari 10.000 pysanka. Beberapa koleksi Pysanka berusia lebih dari 100 tahun.


Motif dari Pysanka sendiri umumnya adalah ekspresi seni dari rakyat Ukraina. Motif-motif yang digambarkan adalah pemahaman dari penciptaan. Ini berkaitan dengan mitos telur yang menjadi sumber kehidupan, matahri dan semesta.

Kemudian pola-pola tersebut dilukis dengan menggunakan lilin. Motif yang digunakan biasanya adalah simbol-simbol aneh yang menjadi simbol tradisional.

Pysanka, Telur Paskah Raksasa dari UkrainaFoto: Aneka telur Paskah Pysanka khas Ukraina (Instagram)
Konon, simbol-simbol ini memiliki nama dan arti yang bervariasi dari tiap daerah. Ribuan motif tersebut akan dibagi kedalan beberapa kelompok pola seperti geometrik, keabadian, simbol kristen, motif bangunan, buah, bunga, hewan, dan masih banyak lagi.

Pembuatan Pysanka biasanya dilakukan selama satu minggu terakhir pra-Paskah atau pada saat minggu suci. Pada pertengahan musim semi, wanita Ukraina akan mulai memilih telur-telur yang paling bagus dan sempurna untuk dihias.

Kemudian, telur akan dilukis dengan pewarna anilin yang beraneka warna. Alat untuk membuat motif pada cangkang telur terbuat dari kuningan dan kayu.


Tradisi membuat Pysanka masih dilakukan sampai sekarang. Hanya saja beberapa unsur tradisional dalam penggambaran motif sudah mulai ditinggalkan. Kini pembuatan motif Pysanka lebih modern dan mengikuti perkembangan jaman.

Jika berlibur ke Ukraina, Kota Kolomyia menjadi tempat yang tepat untuk merayakan Paskah. Karena Museum Pysanka berada di kota ini. Museum Pysanka telah menjadi destinasi Paskah di Ukraina sejak tahun 2000. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA