Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Apr 2018 16:17 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Uniknya Tahun Baru Bangsa Persia, Ada di Musim Semi

Bona
Redaksi Travel
Tahun baru Persia (Reuters)
Tahun baru Persia (Reuters)
Kabul - Bangsa Persia punya Tahun Baru, namanya Nowruz. Dirayakan 21 Maret di Asia Tengah, tahun baru ini jadi tanda mulainya musim semi.

Tahun Baru tak selalu dirayakan pada tanggal 1 Januari. Seperti Tahun Baru ala etnis Persia berikut ini. Tahun baru yang disebut Nowruz dirayakan tiap tanggal 21 Maret, seperti yang diintip dari Reuters, Senin (2/4/2018).

Layaknya Imlek, Nowruz dirayakan beberapa negara. Nowruz ada di Afganistan, Azerbaijan, Kazakhstan, Pakistan, Turki, dan Uzbekistan, Irak dan Iran pun merayakan Nowruz. Nowruz menjadi tanda dari mulainya musim semi.

Pada 2010, Sidang Umum PBB menetapkan Tahun Baru Persia ini sebagai International Day of Nowruz. Alasannya, karena Nowruz merupakan salah satu festival tertua milik bangsa Persia. Selebrasinya dilakukan turun-temurun selama 3.000 tahun!

Uniknya Tahun Baru Bangsa Persia, Ada di Musim SemiFoto: (Reuters)
Di momen ini, para keturuan Persia akan berkumpul bersama keluarga, mengenakan pakaian tradisional, masak kuliner lokal, menari dan menggelar perlombaan olahraga.

Seperti di Afghanistan, Nowruz akan dirayakan dengan meriah. Balon berwarna-warni akan dijajakan di pinggir jalan untuk dijual.



Kalau di Irak beda lagi. Para keturunan Persia akan membawa bendera sampai ke pegunungan dan membawa obor untuk dinyalakan. Kebanyakan kegiatan ini dilakukan oleh laki-laki.

Turki pun merayakan Nowruz dengan meriah. Mereka akan berkumpul di suatu tempat terbuka dan menghias tempat tersebut dengan balon dan ragam acara menarik.

Uniknya Tahun Baru Bangsa Persia, Ada di Musim SemiFoto: (Reuters)
Selain tari-tarian dan musik tradisional, api unggun pun dilakukan di tengah lapangan. Saking serunya, para pria akan mulai melompati api unggun sebagai tanda kemeriahan tahun baru.

Tak hanya di Asia, para keturunan Persia di Los Angeles, California pun biasanya akan ikut memeriahkan Nowruz. Biasanya mereka akan mengadakan kegiatan bersama relawan sosial di penampungan tuna wisma.

Tak hanya menyajikan makanan lokal, para relawan keturunan Persia akan memeriahkan Nowruz dengan pakaian dan musik tradisional.

(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED