Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Apr 2018 16:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

'Buku' Raksasa di Prancis Paling Fotogenik di Dunia

Bona
detikTravel
Bibliotheque Mejanes (xicrinhas/Instagram)
Bibliotheque Mejanes (xicrinhas/Instagram)
Aix-en-Provence - Sebuah kota di Prancis punya 'buku' raksasa yang menarik perhatian dan instagrammable. Di baliknya terdapat perpustakaan bersejarah.

Aix-en-Provence adalah sebuah kota di Prancis bagian selatan. Di kota ini terdapat sebuah perpustakaan yang tak biasa, seperti yang diintip detikTravel dari berbagai sumber, Senin (9/4/2018).

Nama perpustakaan ini adalah Bibliotheque Mejanes. Bentuknya beda dari pepustakaan pada umumnya. Ada dekorasi atau aksen gedung yang unik berbentuk buku raksasa.

Perpustakaan ini dulunya adalah kumpulan karya Jean-Baptiste Marie de Piquet, Marquis of Méjanes (1729-1786), dengan pustakawan pertamanya adalah Jean-Joseph Rive (1730-1791). Di dalam sini terdapat lebih dari 60.000 dokumen sastra yang dikumpulkan oleh pustakawan bernama Jacques Gibelin.



'Buku' Raksasa di Prancis Paling Fotogenik di DuniaFoto: (Instagram)
Kebanyakan dari koleksi perpustakaan adalah karya-karya abad pertengahan yang berasal dari abad ke-12 sampai ke-15. Ada pula arsip dari dua koran lokal Le National d'Aix dan Le Mémorial d'Aix, yang diterbitkan dari tahun 1871 hingga 1944.

Yang bikin kagum, Bibliotheque Mejanes punya 5.500 poster yang diterbitkan dari abad ke-17 hingga ke-20. Semua koleksi ini sudah dilindungi sejak 1897.

Sejarahnya, Bibliotheque Mejanes terletak di Balai Kota dan didirikan pada tahun 1810. Namun pada tahun 1989, perpustakaan ini dipindahkan dan digabungkan dengan lembaga penelitian.

'Buku' Raksasa di Prancis Paling Fotogenik di DuniaFoto: (Instagram)
Bibliotheque Mejanes memiliki dekorasi berbentuk 3 buku raksasa yang berfungsi sebagai pintu masuk. Buku-buku tersebut adalah karya populer Antoine de Saint-Exupery yaitu 'Le Petit Prince' atau 'Pangeran Kecil', Albert Camus yaitu L'Etranger (The Outsider) dan kumpulan tulisan Moliere.

Buku raksasa ini ceritanya tersusun di bagian depan perpustakaan dan jadi spot foto favorit. Selain itu koleksi-koleksinya juga lengkap bagi anak-anak atau pun orang dewasa.

(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED