Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Apr 2018 17:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Intip Liburannya Ahmad Dhani di Gua Ashabul Kahfi

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Ahmad Dhani bersama istri di Gua Ashabul Kahfi (ahmaddhaniprast/Instagram)
Ahmad Dhani bersama istri di Gua Ashabul Kahfi (ahmaddhaniprast/Instagram)
Amman - Ahmad Dhani baru-baru ini berkunjung ke Gua Ashabul Kahfi, Yordania. Gua ini merupakan lokasi sejarah 7 pemuda yang tidur selama ratusan tahun.

Diintip detikTravel dari Instagram pribadinya, Senin (9/4/2018) Ahmad Dhani bersama istrinya berkunjung ke situs bersejarah yang diceritakan dalam Al-Quran. Yaitu Gua Ashabul Kahfi, tempat 7 orang pemuda bersama satu ekor anjing bersembunyi dan tertidur selama 300 tahun lebih.

Selain di Yordania, ada beberapa tempat lain yang juga diyakini sebagai Gua Al khafi, seperti di Syiria, Turki, Tunisia, bahkan sampai ke China. Namun, jika di Yordania, gua ini bisa traveler temukan di Kota Amman, sekitar 10 Km dari pusat kota.

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela di dalam Gua Ashabul Kahfi, Yordania ( mulanjameela1/ Instagram)Ahmad Dhani dan Mulan Jameela di dalam Gua Ashabul Kahfi, Yordania ( mulanjameela1/ Instagram) Foto: undefined

Di dalam Al-Quran tepatnya di surat Al Kahfi (ayat 9 - 25) diceritakan kisah 7 pemuda yang beriman kepada Allah yang lari menyelematkan diri ke dalam sebuah gua bersama satu ekor anjing. Allah menidurkan mereka selama 309 tahun tanpa mereka sadari.

Alkisah, terdapat sebuah negeri yang beriman dan taat kepada perintah Allah. Namun semua berubah tatkala saat Raja Diqyanus datang dan merubah semua kebiasaan rakyat. Dia memaksa rakyat untuk menyembah berhala, mabuk-mabukan, berjudi dan berbuat maksiat. Rakyat pun terpaksa mengikuti karena siapapun yang menentang akan disiksa dan dibunuh.

Namun tidak dengan sekumpulan pemuda yang menentang dan tetap beriman secara diam-diam. Mereka juga mengajak penduduk untuk kembali taat kepada Allah, namun penduduk yang ketakutan menolak ajakan para pemuda ini.

Kabar mengenai tujuh pemuda ini terdengar oleh raja dan mereka dipanggil ke istana. Sesampainya dihadapan raja, mereka dipaksa untuk murtad dan berpindah keyakinan sesuai yang diperintahkan oleh raja. Namun 7 pemuda ini tidak mau dan dengan tegas menjawab mereka hanya percaya dan menyembah Allah.

 Ahmad Dhani di Pohon Sahabi (ahmaddhaniprast/Instagram) Ahmad Dhani di Pohon Sahabi (ahmaddhaniprast/Instagram) Foto: undefined

Raja yang geram pun mengancam 7 pemuda ini, jika dalam 2 hari mereka tidak murtad, mereka akan dipenggal. Sesampainya mereka di rumah, 7 pemuda ini memutuskan untuk lari. Tentu saja, rencana ini terdengar oleh raja dan mereka dikejar oleh para tentara.

Mereka pun lari dan di tengah perjalanan mereka menemukan sebuah gua yang cukup luas. Tujuh pemuda bersama seekor anjing ini pun memutuskan untuk istirahat karena mereka kelelahan dikejar-kejar tentara. Mereka pun tertidur sangat puals dan tidak terbangun oleh suara apapun. Bahkan saat mereka terbangun, rasanya cuma tidur seperti biasa, alias hanya beberapa jam.

Hal yang mengejutkan terjadi saat salah satu dari mereka terbangun dan pergi membeli makanan. Saat ingin membayar, dia terkejut karena uang yang dia punya tidak lagi berlaku, karena itu adalah uang kuno. Dia pun kembali ke gua dan menceritakan hal yang dialaminya.

Kisah 7 pemuda bersama satu ekor anjing itulah menjadi sejarah dan dunia pun mengetahuinya. Selain diabadikan dalam kitab suci Al-Quran, kisah mereka dikenal juga dengan 'Cave of the Seven Sleepers' gua tempat 7 orang tertidur.

 Ahmad Dhani di Amman Citadel ( mulanjameela1/ Instagram) Ahmad Dhani di Amman Citadel ( mulanjameela1/ Instagram) Foto: undefined

Siapa pun diperbolehkan masuk ke dalam gua asal mematuhi peraturan yang dicantumkan. Nantinya juga ada pemandu yang akan menceritakan sejarah dan kisah 7 pemuda yang melegenda ini. Traveler juga diperbolehkan mengambil foto. Bagi traveler yang ingin berkunjung juga bisa menggunakan jasa travel agent. Beberapa travel agent di Yordania menawarkan paket wisata sejarah, mulai dari Gua Al Kahfi dan beberapa destinasi lainnya, mulai harga Rp 1 juta.

Seperti para peziarah lain, Ahmad Dhani bersama istrinya juga berfoto di dalam gua dan mebagikannya ke Instagram. Selain berkunjung ke Ashabul Kahfi, mereka juga ke berkunjung ke Pohon Sahabi dan Amman Citadel (komplek kuil Hercules). (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED