Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Apr 2018 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Iran Rasa Planet Lain

Bona
detikTravel
Terasering warna-warni (lotusgriffinla/Instagram)
Terasering warna-warni (lotusgriffinla/Instagram)
Orost - Pernah dengar Badab-e Surt? Berada di Iran, Badab-e Surt adalah tempat yang luar biasa cantik. Ada terasering warna-warni mirip planet lain.

Terasering sudah jadi hal yang biasa di Indonesia. Selain bida ditemukan di daerah pegunungan, umumnya terasering berwarna hijau.

Berbeda dari terasering biasa, Badab-e Surt adalah fenomena unik yang ada di Iran. Terasering di tempat ini kerap berganti warna, seperti yang dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (16/4/2018).

Badab-e Surt berbentuk kolam-kolam yang bersusun indah di Desa Orost di daerah pegunungan. Terasering ini terbentuk selama zaman Pleistosen dan Pliosen.

Iran Rasa Planet LainFoto: (Instagram)
Bisa dibilang, Badab-e Surt ada sebuah mahakarya geologi yang langka. Kolam-kolam ini mengandung mineral yang mengalami proses pengendapan selama ribuan tahun.

Ditambah ada dua sumber mata air panas yang memiliki kandungan mineral tinggi. Konon mata air yang pertama, dipercaya bisa menyembuhkan penyakit rematik dan kulit. Sedangkan yang kedua, memiliki kandungan besi oksidasi tinggi.

Inilah yang membuat warna pada tiap kolam berbeda-beda. Ada merah, kuning, biru dan hijau. Ukurannya pun besar layaknya kolam yang terbentuk secara alami.

Saat cahaya matahari menyentuh kolam-kolam cantik ini, genangan air akan berubah jadi merah, oranye dan kuning. Sedangkan refleksi dari langit akan membuat kolam terasering jadi menjadi biru dan abu-abu.

Iran Rasa Planet LainFoto: (Instagram)
Untuk bisa sampai di tempat ini bisa dibilang tak mudah karena berada di ketinggian. Perjalanan yang berlika-liku dan terisolasi akan terbayar dengan cantiknya Badab-e Surt di atas sana.

Walaupun mirip harta karun yang tersembunyi, kamu yang mau liburan ke sini tak perlu khawatir. Karena sudah ada beberapa operator tur yang menyiapkan perjalanan ke sana seperti HiPersia, Iran Tours dan Arasbaran.

Begitu sampai, rasanya kamu cuma mau bersyukur akan Badab-e Surt yang sangat indah ini! (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

14 Kapal Pesiar Terbaik 2018

Jumat, 14 Des 2018 07:50 WIB

Wisata naik kapal pesiar, makin sering dilakukan wisatawan. Inilah daftar kapal pesiar terbaik 2018 versi Cruise Critic Editors' Picks Awards.