Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Apr 2018 00:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Negara Api Azerbaijan Buka Diri Untuk Wisatawan

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Negara Azerbaijan (CNN Travel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Baku - Azerbaijan yang berjuluk Negeri Api atau Land of Fire mulai membuka diri bagi wisatawan. Apa sih yang menarik dari Azerbaijan?

Melansir CNN Travel, Selasa (24/4/2018), secara garis besar Azerbaijan adalah negara Muslim dengan lanskap pegunungan, berlumpur vulkanik aktif. Masyarakatnya pun multikultural dengan musik khas bernama Mugham.

Posisinya ada di persimpangan Turki, Rusia, dan Iran. Selama beberapa tahun terakhir, tetangganya Georgia telah membuka diri bagi para turis dan terbaru ada layanan visa tiga hari yang pasti bisa didapatkan turis untuk melancong ke sana.

Azerbaijan tentu tidak mau kalah. Berikut adalah sebagian daftar dari destinasi terbaik Azerbaijan:

1. Menjelajah Kota Tua Baku

Industri minyak di Kota Baku meningkat pesat dan menjadikannya sebagai kekuatan industri Rusia (dulu Uni Soviet). Kota yang sudah amat tua ini merupakan jantung budaya Baku.

Negara Api Azerbaijan Buka Diri Untuk WisatawanKota Tua Baku (CNN Travel)


Di dalamnya terdapat jalan-jalan berbatu seperti labirin, pondok seniman, kafe, hingga museum. Tur jalan kaki mengelilingi The Maiden's Tower, Shirvanshahs 'Palace, masjid tua dan pemandian hammam adalah hal paling menarik saat ada di kota tua negeri Muslim ini.

2. Mengunjungi Museum di Kota Baku

Azerbaijan kaya akan sejarah dan budaya peradaban Islam. Ada beberapa tempat yang patut dikunjungi, yakni Heydar Aliyev Center yang melengkung dan futuristik.

Dirancang oleh Zaha Hadid. Heydar Aliyev biasa digunakan sebagai tempat pameran kelas dunia.

Ada pula Museum Karpet Azerbaijan yang berisi sekitar 6.000 karpet. Itu mewakili tujuh sekolah tenun karpet di Azerbaijan. Karpet di sini tidak hanya menarik secara visual tetapi juga mewujudkan keyakinan dan tradisi orang-orang yang menganyamnya.

3. Perjalanan sehari di Gobustan

Sekitar 40 kilometer dari Kota Baku ada Taman Nasional Gobustan. Di sana ada lebih dari 6.000 pahatan batu yang terdaftar di UNESCO yang menggambarkan kehidupan prasejarah di wilayah Kaspia-Kaukasus.

Negara Api Azerbaijan Buka Diri Untuk WisatawanLumpur vulkanik Azerbaijan (CNN Travel)


Ada gambar adegan berburu, menari, transportasi saat itu dan simbolisme hewan. Yang tertua dari pahatan ini berusia lebih dari 15.000 tahun, meskip ada juga prasasti yang ditinggalkan oleh Legion Twundth Romawi Thunderbolt di abad ke-1.

Ada tempat terbaik untuk melihat dari sejumlah 350 sumber lumpur vulkanik Azerbaijan. Lumpur gunung berapi ini kadang-kadang meletus dan Anda bisa menyaksikan langsung.

4. Warisan Jalan Sutra Sheki

Sheki berada di kaki Pegunungan Kaukasus di barat laut Azerbaijan. Adalah bekas kota yang dilalui Jalur Sutra.

Kini, kawasan ini tetap menjadi pusat sutra dan kerajinan tangan di Azerbaijan. Berjalan kaki di Mirza Fatali Akhundov Street adalah cara yang tepat untuk melihat kerajinan lokal, seperti pembuatan topi papaq, halva, pakhlava, bordir tekelduz, dan shebeke, hingga latices yakni kayu yang dilengkapi dengan kaca patri dan disatukan tanpa lem atau paku.

5. Melihat Formula 1

Formula 1 memang masih baru di Kota Baku. Balapan pertama di kota ini pada 2016.

Seperti Monako dan Singapura, Grand Prix Azerbaijan adalah balapan yang lintasannya adalah jalanan kota. Sirkuit Kota Baku adalah yang tercepat dari semuanya yang dirancang oleh insinyur Jerman, Hermann Tilke.


Negara Api Azerbaijan Buka Diri Untuk WisatawanFoto: CNN Travel

Lintasannya itu mencakup sebagian besar landmark utama Kota Baku. Perlombaan perdana pada musim panas 2016 cukup lancar tetapi, pada tahun lalu ada banyak kecelakaan namun tetap menarik dan sejak saat itu perlombaan digelar pada bulan April sebelum memasuki musim panas.

6. Keramahan Masyarakat Lokal dan Budaya Teh

Orang-orang Azerbaijan bisa dibilang sangat ramah. Terutama di daerah-daerah, traveler dipastikan bertemu dengan orang lokal yang mempunyai rasa ingin tahu lebih tentang Anda dan mengajak untuk mampir ke rumahnya.

Ada pun sajian khasnya adalah dolma, khingal atau plov dan teh yang tentunya bisa diisi ulang. Teh (chay) adalah minuman nasional Azerbaijan.

The Shirvanshah Musey Restaurant di Salatin Alesgerova Street adalah tempat yang cocok bagi Anda jika ingin merasakan budaya teh di Kota Baku, Azerbaijan.

7. Beberapa Tempat Cantik di Azerbaijan

Pertama mencicipi madu dan anggur di Ismayilli. Wilayah pegunungan Ismayilli adalah tempat untuk menemukan beberapa madu terbaik di Kaukasus. Lokasi ini juga tempatnya perkebunan terakhir di Azerbaijan yang anggurnya digunakan untuk membuat anggur terkenal bernama Ivanovka.

Kedua Nakhchivan. Ada Mausoleum Nuh yang dibangun pada abad kedelapan di Nakhchivan selatan. Menurut legenda inilah tempat peristirahatan terakhir Nabi Nuh.

Negara Api Azerbaijan Buka Diri Untuk WisatawanFoto: CNN travel


Ketiga menyusuri desa-desa terpencil di Guba. Azerbaijan diberkati dengan pemandangan yang menakjubkan dan tempat sebanding dengan Pegunungan Kaukasus ada di wilayah Guba, yakni Desa Khinalig karena menjadi tempat ekowisata yang populer.

Keempat, Azerbaijan memiliki dua resor musim dingin yang sudah berkembang. Resor ini menawarkan pengalaman ski di Pegunungan Kaukasus. (msl/fay)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA