Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Apr 2018 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah Masjid Tertua di Hong Kong

Kanavino Ahmad Rizqo
Redaksi Travel
Masjid Kowloon di Hong Kong (Kanavino/detikTravel)
Masjid Kowloon di Hong Kong (Kanavino/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Hong Kong - Traveler Muslim jika ke Hong Kong bisa salat di Masjid Kowloon. Masjid ini merupakan masjid tertua di Hong Kong yang dikunjungi Muslim dari berbagai negara.

Salat berjemaah di Masjid Kowloon, Hong Kong begitu mengesankan. Banyak umat Muslim dari berbagai negara menunaikan salat di salah satu masjid tertua di Hong Kong itu.

detikTravel mengunjungi masjid itu dalam rangkaian kegiatan Mega Muslim FamTrip Hong Kong Tourism Board pada Rabu (25/4/2018). Masjid ini terletak di Jalan Nathan 105, Kowloon, Hongkong.

 Bagian luar masjid (Kanavino/detikTravel) Bagian luar masjid (Kanavino/detikTravel) Foto: undefined


Jalan Nathan merupakan jalan raya utama di Kowloon dan terdiri dari beragam toko dan restoran. Sejumlah orang lalu lalang di jalan itu.

Mereka yang sedang berbelanja di Nathan tak perlu khawatir untuk mencari tempat salat. Sebab, mereka bisa salat di Masjid Kowloon. Menurut ifnormasi, masjid ini diresmikan pada tahun 1896. Sudah 100 tahun lebih umurnya.

(Kanavino/detikTravel)(Kanavino/detikTravel) Foto: undefined


Masjid Kowloon tampak dari depan dipenuhi warna cokelat dan putih. Di dekat pintu masuk lantai pertama, ada meja petugas yang akan memberikan informasi seputar kegiatan masjid. Tampak pula jadwal salat lima waktu yang dipasang di dinding.

Sementara itu, di sebelah kanan pintu terdapat beberapa selembaran informasi tentang Islam. Ada pula papan yang berisi informasi kegiatan masjid.

(Kanavino/detikTravel)(Kanavino/detikTravel) Foto: undefined


Toilet dan tempat wudlu juga berada di lantai pertama. Tempat wudlu di Hong Kong ini mempunyai tempat duduk, berbeda dari kebanyakan masjid di Indonesia.

Selain itu, lantai pertama juga terdapat tempat salat yang cukup luas bagi jemaah. Di samping kanan, ada ruangan khusus untuk pertemuan dan ruang untuk pengurus.

Sementara, lantai dua diisi oleh madrasah bagi anak-anak yang belajar Al Quran. Lantai dua juga disediakan untuk tempat ibadah jemaah perempuan.

(Kanavino/detikTravel)(Kanavino/detikTravel) Foto: undefined


Lantai tiga merupakan lantai utama tempat salat. Mimbar dan tempat imam masjid berada di sana.

Saat detikcom berkunjung, sejumlah orang dari berbagai negara tampak sudah berkumpul. Mereka menunggu waktu pelaksanaan salat Zuhur. Suasana sangat khidmat dan tenang.

Sang muazin pun kemudian mengumandangkan azan pukul 13.00 waktu setempat. Para jemaah lalu menunaikan salat sunat sebelum zuhur.

(Kanavino/detikTravel)(Kanavino/detikTravel) Foto: undefined

Setelah itu, tampak seorang pria maju ke depan untuk bertindak sebagai imam salat Zuhur. Ada enam barisan jemaah yang mengikuti salat berjemaah itu.

Seusai salat, para jemaah menyalami jemaah lainnya. Mereka juga tak luput menunaikan salat sunat selepas Zuhur.


(sym/aff)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED