Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Mei 2018 12:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Dubai Sulap Kapal Pesiar Tua Jadi Hotel Mewah

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Foto: Kapal pesiar Queen Elizabeth (CNN Travel)
Foto: Kapal pesiar Queen Elizabeth (CNN Travel)
Dubai - Dubai memiliki inovasi baru dalam hal penginapannya. Kapal pesiar lawas diubah jadi mewah dan menjadi yang tertua.

Pada bulan April lalu, Queen Elizabeth II (QE2), kapal pesiar paling terkenal di dunia sejak tahun 1960 melayani tamu lagi. Melansir CNN Travel, Kamis (10/5/2018), kapal pesiar QE2 itu tak menjelajah namun berubah menjadi hotel.

Kapal pesiar QE2 bersandar di rumah barunya di Pelabuhan Kota Mina Rashid, Dubai, UEA. Usia kapal yang terbilang amat tua itu dijadikan alasan untuk melayani pasar hotel di sana.

"Ini adalah penawaran baru, itu sesuatu yang memiliki banyak nilai historis. Dubai adalah kota baru dan ini adalah salah satu hal tertua di sini," kata Hamza Mustafa, CEO PCFC Hotels, perusahaan milik pemerintah yang mengoperasikan kapal QE2.

Kapal pesiar QE2 yang diluncurkan Ratu Elizabeth II pada 1967 berusia 4 tahun lebih tua dari pembentukan UEA itu sendiri. Maka dari itu PCFC ingin melestarikan sejarah kapal QE2.

Dubai Sulap Kapal Pesiar Tua Jadi Hotel MewahPotret Ratu Elizabeth II membayangi kapal pesiar QE2 (CNN Travel)

Di dalam kapal pesiar QE2 tidak akan ada fasilitas lapangan tenis, akuarium, atau lereng ski setinggi langit. Sebaliknya, atraksi utamanya berkaitan dengan hal-hal di masa lalu.

Traveler yang berkunjung ke kapal pesiar QE2 berkesempatan untuk berjalan di dek yang sama seperti Nelson Mandela dan David Bowie. Untuk beberapa tamu yang sangat istimewa berkesempatan tidur di suite kerajaan tempat Ratu Elizabeth II tidur.

BACA JUGA: Kartu Sakti Buat Liburan di Dubai

Ada 224 kamar dan akan meningkat menjadi setidaknya 600 dengan harganya dimulai dari USD 150 per malam. Tiap kamar memiliki panel kayu berwarna gelap seperti di tahun enam puluhan dan beberapa kamar masih menggunakan lubang intip asli.

Dari 13 restoran dan tempat hiburan malam, ada Chartroom Bar akan tetap menyajikan mousse hati ayam dan Eton Mess. Ada kasino yang dipagari dengan mesin slot asli dan semua tetap berkonsep retro.

Dubai Sulap Kapal Pesiar Tua Jadi Hotel MewahFoto lawas sebuah kafe di kapal pesiar QE2 (CNN Travel)


Kapal pesiar QE2 memulai pelayaran perdananya pada 1969. Dibuat di galangan kapal Clydebank, Skotlandia, selama lebih dari 30 tahun kapal pesiar QE2 menjadi andalan Cunard Line.

Ketika dijual ke Dubai, kapal pesiar QE2 yang memiliki panjang 293,5 meter ini telah membawa 2,5 juta penumpang. Sebanyak 812 pelayaran Atlantik telah dilakukannya.

Lebih dari satu juta orang menontonnya berlayar ke Liverpool untuk pertama kalinya pada tahun 1990. Kapal pesiar QE2 menarik perhatian penonton di berbagai pelabuhan seluruh dunia, mulai dari Australia Jepang, Singapura, hingga Hong Kong.

Kapal pesiar QE2 awalnya dibeli seharga USD 100 juta. PCFC memang membutuhkan dana lebih ditambah 2,7 juta jam kerja lagi untuk proses perbaikannya.

Investasi UEA dalam hal pariwisata pariwisata tak perlu diragukan lagi. Menurut angka pemerintah, total kontribusi sektor pariwisata di UEA menghasilkan USD 43,3 miliar pada tahun 2016 yang menyediakan 5,4% dari total lapangan kerja. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED