Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Mei 2018 16:16 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bagai Langit Malam, Terowongan Ini Bercahaya Biru Karena Cacing

Bona
Redaksi Travel
Glow Worm Tunnel (chilli.hernandez/Instagram)
Glow Worm Tunnel (chilli.hernandez/Instagram)
Helensburgh - Di Kota Helensburgh, Australia terdapat sebuah bekas terowongan kereta yang terlantar. Jadi habitat cacing bercahaya, terowongan ini jadi cantik dan fotogenik.

Nama resmi dari terowongan ini adalah Metropolitan Tunnel. Terowongan ini dibangun pada tahun 1880-an sebagai jalur kereta, seperti yang dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (15/5/2018).

Terowongan ini terpaksa ditutup pada tahun 1915. Hal ini disebabkan jelaga dan asap yang berada di terowongan ini sangat berbahaya bagi penumpang dan awak kereta api yang melewatinya.

Terlantar begitu saja, salah satu ujung dari dari terowongan ini tertutup oleh puing-puing bangunan luar. Lama-kelamaan, terowongan ini tertutup oleh banyaknya tumbuhan liar yang tumbuh disekitarnya.

Terowongan ini dulunya bekas jalan kereta api (randomphotohouse/Instagram)Terowongan ini dulunya bekas jalan kereta api (randomphotohouse/Instagram)

Hasilnya, terowongan ini dipenuhi air layaknya bendungan. Pada tahun 1995, warga sekitar berinisiatif untuk mengeringkan dan membersihkan Metropolitan Tunnel.

Walaupun sudah dibersihkan, terowongan ini masih sering banjir. Karena lembab dan gelap, akhirnya terowongan ini menjadi habitat dari glow worm atau cacing cahaya.

Hidup berkoloni, cacing ini memenuhi atap dari terowongan. Glow worm merupakan salah satu biota yang bioluminescent atau menghasilkan cahaya dari tubuhnya.

Koloni glow worm kini mempercantik bekas terowongan yang terlantar ini. Sehingga kini, nama Metropolitan Tunnel berganti menjadi Glow Worm Tunnel.

Kini terowongan ini jadi destinasi menarik di Australia (indeliblemistakes_/Instagram)Kini terowongan ini jadi destinasi menarik di Australia (indeliblemistakes_/Instagram)

Banyak traveler yang sengaja datang ke bekas terowongan Helensburg ini hanya untuk melihat dan mengabadikan cahaya dari koloni cacing ini.

Traveler tak perlu datang malam hari, karena koloni cacing ini juga berpendar saat siang hari. Kalau mau makin terang, kamu bisa masuk lebih jauh ke dalam.

Sampai saat ini, terowongan ini masih seringkali banjir. Namun kamu masih bisa menikmati terowongan ini dengan menggunakan perahu.

Ada beberapa peraturan yang harus kamu taati saat masuk ke dalam terowongan ini:

1. Jangan berisik, karena ini akan menggunggu koloni.
2. Jangan gunakan lotion anti serangga, karena glow worm bisa mati.
3. Tidak boleh merokok.
4. Jangan gunakan flash pada kamera atau senter.
5. Usahakan untuk meminimalisir grup.
6. Jangan buang sampah di salam terowongan, ini akan mengganggu habitat dari glow worm. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED