Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jun 2018 17:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Melihat Siklus Kehidupan Pesawat

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Siklus kehidupan pesawat (Mike Kelley/CNN Travel)
Siklus kehidupan pesawat (Mike Kelley/CNN Travel)
Los Angeles - Bagaimanakah siklus kehidupan pesawat? Dari dirakit sampai dibongkar, begini ceritanya.

Melansir CNN Travel, Kamis (21/6/2018), seorang fotografer bernama Mike Kelley mendokumentasikan pesawat saat dirakit hingga pembongkarannya kembali dalam bingkai fotonya. Ia yang berprofesi sebagai fotografer udara menyewa sebuah helikopter dan mengambil serangkaian foto perjalanan hidup pesawat.

Kelley mulai memfoto pesawat dari konstruksi di Boeing Field hingga penggilingannya di gurun California, Amerika Serikat. Gambar-gambar yang cantik ini menjadi seri foto terbarunya, yakni 'Life Cycles'.

Pesawat-pesawat yang pensiun di sebuah gurun di California (Mike Kelley/CNN Travel)

"Hal yang paling menarik bagi saya adalah membalikkan persepsi saat melihat pesawat terbang," ucap Kelley kepada CNN Travel.

Proyek Kelley dimulai saat mendapat kesempatan untuk mengambil beberapa foto di atas Bandar Udara Internasional Los Angeles, atau LAX. Ia sangat tertarik untuk menyaksikan sisi yang biasanya tidak dilihat oleh penumpang biasa.

Setelah beberapa jam yang di atas LAX, Kelley mampu membidik gambar yang menarik. Adalah gambar simetri yang memiliki estetikanya tersendiri.



Keramaian Bandara LAX dipotret dengan sisi simetris dari udara (Mike Kelley/CNN Travel)

"Anda dapat terbang di atas landasan pacu di mana pesawat mendarat dan juga lepas landas dan ada celah di mana Anda bisa terbang," ia menjelaskan.

Melengkapi cerita

Pengalaman di LAX memicu gagasan untuk membuat 'Life Cycles'. Lalu, Kelley memutuskan untuk memotret pesawat di tahap kehidupannya yang lain.

"Itu tidak dimulai sebagai gagasan siklus hidup, tetapi semacam evolusi saat saya melihat betapa keren atau menariknya seri pertama dari terbang di atas LAX," katanya.

Tertarik untuk melihat pesawat di tahap akhir keberadaannya, Kelley menyewa helikopter dan menuju ke pangkalan-pangkalan terakhir pesawat di sebuah gurun di California. Saat tiba, terkejut oleh pola tak terduga yang diciptakan oleh pesawat saat sudah pensiun.



Pesawat yang sudah dipotong-potong (Mike Kelley/CNN Travel)

"Anda pasti berpikir tentang tempat sampah yang berantakan. Tetapi semua penataan pesawat di sini ada pola yang simetri dan menakjubkan," kata Kelley.

Foto-foto di gurun itu memperlihatkan pesawat yang berbaris dan siap untuk diseret. Di foto lainnya menunjukkan sisa-sisa pesawat yang terpotong-potong.

Berbeda dengan drone

Kelley mengatakan helikopter sewaannya memberinya sudut unik yang tidak tersedia untuk pengguna drone. Karena drone dilarang terbang di kawasan bandara.

Kelley saat ini sedang menggarap proyek di luar Amerika Serikat dan masih berhubungan dengan pesawat terbangi. Ia ingin pergi ke tempat-tempat yang lebih menarik seperti Afrika, di mana pesawat Soviet pabrikan lawas masih terbang.



Saksikan juga video 'Ilmuwan NASA Siapkan Pesawat Luar Angkasa ke Matahari':

[Gambas:Video 20detik]

(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED