Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Jul 2018 19:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Kincir Angin Belanda yang Kata Jokowi Mirip di Watang Pulu

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Kincir angin Belanda (Randy/detikTravel)
Foto: Kincir angin Belanda (Randy/detikTravel)
Amsterdam - Saat meresmikan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) di Kecamatan Watang Pulu, Jokowi sempat menyebutnya mirip di Belanda. Seperti apa sih di negara aslinya?

Hal itu pun disebutkan oleh Presiden Jokowi di laman Instagramnya Senin kemarin (2/7) usai meresmikan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) atau Wind Turbin (Turbin Angin) di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Provinsi Sulawesi Selatan.

"Berada di perbukitan Watang Pulu, sore tadi, saya merasa seperti tengah di negeri Belanda. Seperti di Eropa," tulis Jokowi.

BACA JUGA: Watang Pulu yang Kata Presiden Jokowi Seperti di Belanda


Tonton juga video 'Kebun Angin Raksasa Kebanggaan Jokowi Nyaris Rampung':

[Gambas:Video 20detik]


Selain bunga tulip, kincir angin memang identik dan tak terpisahkan dengan Belanda. Dilansir detikTravel dari situs resmi pariwisata Belanda, Selasa (3/7/2018), bahkan ada hari khusus kincir angin di sana yang rutin dimaknai setiap Sabtu minggu kedua di bulan Mei.

Traveler berfoto di depan kincir angin tradisional di Volendam (Randy/detikTravel)Traveler berfoto di depan kincir angin tradisional di Volendam (Randy/detikTravel)


Di balik bentuknya yang besar dan ikonik, sejatinya kincir angin berfungsi untuk menarik air dari sungai dan memompanya ke saluran irigasi untuk mengairi ladang. Oleh sebab itu, lokasinya hampir selalu ada di tepi sungai.

Namun, jumlahnya pun kian menurun dibandingkan dulu. Kini, Belanda diketahui hanya memiliki sekitar 1.000 kincir angin bersejarah. Beberapa yang paling populer dapat dilihat di Alblasserwaard, Leiden, Schiedam mills, Zaanse schans dan Kinderdijk.

Saat berkunjung beberapa waktu lalu ke Belanda, detikTravel pun sempat melihat dan berfoto di depan salah satu kincir angin dalam perjalanan menuju desa nelayan Volendam. Di kalangan wisatawan Indonesia, kincir angin ini kerap didatangi dan sering masuk itinerari perjalanan.

Turbin motor Belanda (Thinkstock)Turbin motor Belanda (Thinkstock)

Hanya seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, Pemerintah Belanda mulai meninggalkan kincir angin model lama dan menggantinya dengan menggunakan turbin atau motor atau yang disebut turbin angin. Inilah kincir angin model baru yang disebut oleh Jokowi.

Bedanya dengan kincir angin model lama, turbin angin terdiri dari tiga kipas berukuran raksasa dan menghasilkan tenaga listrik ramah lingkungan. Sedikit berbeda fungsi dari pendahulunya.

Di Belanda, traveler dapat melihat turbin angin serupa di Groningen, tepatnya di kebun angin Westereems. Selain di sana, masih ada beberapa tempat lagi di Belanda yang punya turbin angin serupa.


Mengenal Kincir Angin Belanda yang Kata Jokowi Mirip di Watang Pulu
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED