Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Jul 2018 12:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kebersihan Jepang (Lebih) Mendunia Lewat Piala Dunia 2018

Afif Farhan
detikTravel
Suporter Jepang yang bersih-bersih stadion usai pertandingan Piala Dunia 2018 (Toru Hanai/Reuters)
Suporter Jepang yang bersih-bersih stadion usai pertandingan Piala Dunia 2018 (Toru Hanai/Reuters)
Jakarta - Jepang memang sudah gugur di Piala Dunia 2018. Selain perjuangan di atas lapangan, baik timnas dan suporternya meninggalkan citra berkesan tentang kebersihan.

Jepang takluk di tangan Belgia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018. Jepang sempat unggul 2 gol, tapi Hazard dkk berhasil membawa Belgia membalikan keadaan 3-2.

BACA JUGA: Saksi Tangisan Jepang dan Senyum Belgia di Piala Dunia 2018

'Salut! Fans Jepang Tetap Pungut Sampah Usai Kalah Lawan Belgia'

[Gambas:Video 20detik]


Namun perjuangan Jepang, layak diberi apresiasi tinggi. Mereka bermain tanpa rasa takut dan terus memberikan ancaman. Selain itu, satu lagi yang mencuri perhatian selama Piala Dunia 2018 dari Jepang adalah suporternya yang suka bersih-bersih.

Setiap habis pertandingan, pasti tersebar foto-foto atau video para suporter Jepang yang bersih-bersih sampah di stadion. Mereka membersihkan sampah-sampah berupa bungkus makanan, minuman dan sebagainya. Padahal, toh itu bukan sampah-sampah mereka juga.

The best fans of this World Cup?馃檶

A post shared by Sportsy (@sportsyuk) on Jul 2, 2018 at 10:57pm PDT



Bukan itu saja, para pemain timnas Jepang juga melakukan hal serupa. Setelah pertandingan melawan Belgia, para pemain Jepang meninggalkan ruang ganti pemain dengan kinclong!



Tentu saja, apa yang dilakukan suporter dan timnas Jepang bikin hati meleleh. Mereka meninggalkan citra yang amat baik, sebagai negara yang terkenal akan kebersihan.

Kebersihan Adalah Budaya dan Harga Diri Orang Jepang

Kebersihan dan Jepang tidak akan pernah dipisahkan. Saya pernah datang ke Jepang dan berkunjung ke beberapa kota di sana seperti Tokyo, Osaka, Kobe sampai Hiroshima. Baik di pusat kota atau gang-gang sempit, semuanya bersih sih sih!

Tidak ada sampah berceceran di jalanan. Tempat sampah tersedia lengkap sampai 5 jenis. Malah tempat sampahnya saja sendiri terlihat bagus alias tidak penuh sampah atau bau tak sedap gitu lho.

Saat itu, saya ditemani pemandu wisata bernama Tatsuo Yoshino. Pria tua berumur 70 tahun namun terlihat masih fit. Dia pun menjelaskan bahwa kebersihan merupakan salah satu budaya Jepang. Sudah tertanam di dalam jiwa setiap orang Jepang ketika masih kecil dan dimulai dari lingkungan sekitar.

Tatsuo Yoshin0, sedang menceritakan kebersihan di JepangTatsuo Yoshino, sedang menceritakan kebersihan di Jepang (Afif Farhan/detikTravel)


"Jepang memang terkenal dengan kebersihannya. Itu sudah sejak dari dulu. Dalam budaya kami, setiap pagi baik orang tua dan anak-anak membersihkan lingkungan di sekitarnya," katanya kala itu.

Mengapa orang Jepang suka dengan kebersihan? Alasan pertama, karena kalau lingkungan kotor bisa merusak pemandangan dan jadi sumber penyakit. Alasan kedua, adalah harga diri.

"Kota dan negara kita adalah kebanggaan. Makanya kita harus menjaganya, sampai-sampai ya soal kebersihannya. Kita tidak mau kota atau negara kita dicap kotor," tegas Tatsuo.

Jalanan bersih di sudut-sudut Kota TokyoJalanan bersih di sudut-sudut Kota Tokyo (Afif Farhan/detikTravel)


Bagi kamu yang mau plesiran ke Jepang, jangan heran kalau semua tempat di sana bersih. Sampai-sampai yang namanya toilet umum saja benar-benar tak bernoda. Ada ungkapan lucu bahwa, kebersihan Jepang adalah 'shock culture' bagi turis.

Marilah mencontoh Jepang yang kebersihannya sudah diakui dunia.

Kebersihan Jepang (Lebih) Mendunia Lewat Piala Dunia 2018
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Liburan Sekolah di Sea World Ancol

Selasa, 25 Jun 2019 06:50 WIB

Di Sea World Ancol, kita bisa liburan sekolah ditemani dengan aneka macam hewan laut. Bahkan kita bisa menyaksikan keseruan pemberian makan di akuarium.