Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Jul 2018 23:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Siapa Sangka, Ada Oleh-oleh Sake Ular Viper di Jepang

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Foto: Awamori, sake ular viper khas Okinawa, Jepang (Masaul/detikTravel)
Foto: Awamori, sake ular viper khas Okinawa, Jepang (Masaul/detikTravel)
Naha - Jepang juga punya tradisi kuliner yang ekstrem. Di Okinawa, ada produsen sake ular viper!

detikTravel bersama Jetstar dan OCVB (Okinawa Convention & Visitors Bureau) mengunjungi pabrik sake ular viper dan minuman keras khasnya di Okinawa World, Naha beberapa waktu lalu. Bagi sebagian orang kuliner ekstrem ini tentu bisa bikin geleng-geleng kepala.

Pulau Okinawa merupakan destinasi berupa pulau subtropis Jepang yang namanya sedang naik daun. Okinawa merupakan prefektur di bagian paling selatan Jepang yang bisa ditempuh naik pesawat transit via Singapura jika dari Indonesia.

Dijelaskan tur guide kami, Ai Munakata, masyarakat Okinawa memang sudah dari masa lampau familiar dengan minuman keras dan menyebut sake ular ini dengan nama Ryukyu Habuball. Sake ini sudah dicampur dengan ekstrak bisa ular viper.

Siapa Sangka, Ada Oleh-oleh Sake Ular Viper di Jepang
Pabrik awamori di Okinawa World, Naha, Okinawa, Jepang (Masaul/detikTravel)

Tonton juga video: 'Panduan Berburu Buah Tangan Khas Negeri Ginseng'

[Gambas:Video 20detik]


Cara pembuatannya, toples diisi terlebih dulu oleh sari beras yang sudah difermentasikan. Lalu ditambah dengan rempah-rempah dan madu satu ular viper dimasukan ke dalamnya.

Semakin lama sake disimpan (dalam hitungan tahun), maka terasa lebih nikmat. Masyarakat setempat percaya sake ular dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh seperti membuat tubuh tetap sehat dan diyakini juga untuk vitalitas bagi kaum pria.

BACA JUGA: Jepang yang Santai Ada di Sini

Hampir di semua toko suvenir dan restoran di Okinawa menjajakan sake ular viper. Di toko suvenir, harga sake ular dalam satu toples atau botol beragam dari kisaran YEN 8.100 sampai 68.000.

Di Okinawa World juga terdapat pembuatan bir nanto. Pembuatan dan penjualan minuman beralkohol ini menggunakan bahan-bahan dari lokal Okinawan dan sangat terkenal di sana.

Minuman keras di atas juga dikenal sebagai Awamori, sebutan bagi warga lokal Okinawa. Bahan dasar berupa beras indica yang diimpor dari Thailand.

Siapa Sangka, Ada Oleh-oleh Sake Ular Viper di Jepang
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Menikmati Pesona Karimunjawa

Selasa, 21 Agu 2018 13:10 WIB

Karimunjawa di lepas pantai Jepara, Jateng memiliki hamparan pasir putih dan lautan yang eksotis. Senjanya juga sangat memukau!

d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Tak Cukup Sekali ke Lovina

Selasa, 21 Agu 2018 11:05 WIB

Lovina punya segala pesona. Pantai di Bali ini punya sunset cantik, keramahan penduduk dan lumba-lumba di tengah lautan. Tak cukup sekali ke sana.