Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Sep 2018 12:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan Pakai Truk, Sampah di Negara Ini Diangkut Keledai

Syanti Mustika
detikTravel
Petugas sampah dan gerobak keledai di Mali (Luc Gnago/Reuters)
Petugas sampah dan gerobak keledai di Mali (Luc Gnago/Reuters)
Bamako - Tidak ada truk sampah di Bamako, Mali, di Afrika. Para petugas kebersihan berjuang dengan gerobak keledai setiap harinya mengangkut sampah.

Ada pemandangan tidak biasa bila traveler bertualang ke Afrika, tepatnya di Ibukota Mali, Bamako. Para petugas kebersihan mengangkut sampah tidak menggunakan truk atau gerobak yang ditarik dengan motor. Mereka menggunakan gerobak yang ditarik oleh keledai.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Selasa (18/9/2018) pemandangan unik ini akan traveler lihat setiap hari saat pagi hari di Bamako, Mali. Mali merupakan negara yang terdapat di Afrika sebelah barat.

(Luc Gnago/Reuters)(Luc Gnago/Reuters) Foto: undefined


Setiap paginya, petugas akan dataang ke rumah-rumah penduduk untuk mengambil sampah yang kemudian dikumpulkan di gerobak. Gerobak ini ditarik oleh seekor keledai.

Petugas nantinya akan mengikat keledainya pada satu titik, kemudia mereka berjalan ke rumah penduduk untuk mengumpulkan sampah. Setelah sampah terkumpul mereka pun membawanya ke pusat pembuangan sampah lokal.

 (Luc Gnago/Reuters) (Luc Gnago/Reuters) Foto: undefined


Para petugas kebersihan ini setiap bulannya hanya di gaji 35 Dolar (Rp 520 ribu). Fakta lain dari petugas kebersihan ini adalah rata-rata mereka masih berumur 16-27 tahun. Karena kondisi sulit, memaksa mereka harus menekuni pekerjaan sebagai petugas kebersihan.

Kondisi menggunakan keledai untuk pelayanan publik bukan tanpa alasan lho traveler. Mali merupakan salah satu negara termiskin di dunia yang sedang berjuang mengatasi problema negaranya. Angka kemiskinan di negara ini sangat tinggi dengan populasi penduduk yang semakin membeludak.

(Luc Gnago/Reuters)(Luc Gnago/Reuters) Foto: undefined


Traveler juga jangan kaget jika melihat tumpukan sampah yang menggunung di sentral pembuangan. Sama seperti permasalah di negara berkembang, sampah juga menyumbat saluran irigasi dan menyebabkan bau yang menyengat.

Duh, semoga negara Mali segera bisa mengatasinya ya. (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED