Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Sep 2018 16:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah Danau Surga, Tempat Pertemuan Pemimpin Korut dan Korsel

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Momen Kebersamaan Presiden Korsel dan Presiden Korut di Gunung Paektu (Pyeongyang Press Corps/Pool via REUTERS)
Momen Kebersamaan Presiden Korsel dan Presiden Korut di Gunung Paektu (Pyeongyang Press Corps/Pool via REUTERS)
Jakarta - Korea Utara juga diberkahi alam yang memesona. Dua pemimpin Semenanjung Korea bertemu di salah satu destinasi cantiknya.

Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-In mendaki Gunung Paektu di Korea Utara (Korut) bersama Kim Jong-Un. Hal ini menjadi salah satu impian juga daftar bucket list Moon di sepanjang hidupnya.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (21/9/2018), Gunung Paektu yang terletak di perbatasan Korut dan China ini dianggap sebagai 'rumah spiritual' bagi warga Korut juga Korsel. Bertinggian 2.750 mdpl, gunung ini merupakan yang tertinggi di Semenanjung Korea.

Gunung ini disakralkan oleh warga Korsel juga Korut. Nama Gunung Paektu disebut dalam lagu kebangsaan Korsel juga banyak propaganda Korut.

Salah satu pesonanya adalah Danau Chon yang berarti 'danau surga'. Inilah danau cantik di ketinggian 2.190 mdpl.

Kim Jong-Un dan Moon Jae-In di puncak Gunung Paektu (Pyeongyang Press Corps/Pool via REUTERS)


Mungkin tak sedikit orang-orang yang bertanya bisakah berwisata ke Korea Utara? Bukan tanpa sebab, Korea Utara adalah negara yang terisolasi dari dunia luar yang kehidupan masyarakat di dalamnya belum banyak diketahui orang.

Namun jangan salah, Korea Utara sudah mulai membuka diri kepada turis. Asal dengan satu syarat, turis yang datang ke sana benar-benar bertujuan untuk traveling dan tentu dengan pengawalan ketat. Satu lagi, harus melalui operator-operator tur yang sudah mendapat lisensi dari Korea Utara.

Salah satunya adalah Korea Konsult, operator tur yang sudah berdiri sejak tahun 2003 di Swedia yang menawarkan berbagai paket wisata ke Korea Utara. Termasuk, jalan-jalan ke kawasan Gunung Paektu yang memiliki spot-spot ciamik.


Momen Kebersamaan Presiden Korsel dan Presiden Korut di Gunung Paektu (Pyeongyang Press Corps/Pool via REUTERS)


Kawasan Gunung Paektu berada di Samjiyon atau 385 km dari ibukota Pyongyang. Gunungnya pun masuk dalam wilayah perbatasan dengan Tiongkok. Setidaknya ada 6 spot destinasi di sana, namun yang paling terkenal dan paling diincar turis, adalah Danau Chon.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Danau Chon adalah Danau Surga. Nama yang tidak berlebihan, kalau kamu melihat danaunya dari dekat. Danau ini permukaan airnya sangat tenang dan berwarna biru seperti air laut.

Danau Surga ini berada di ketinggian 2.190 mdpl dengan titik terdalamnnya 384 meter. Panorama danaunya tambah terlihat cantik, dengan pegunungan yang mengelilingi danaunya. Turis diizinkan untuk bersantai di pinggiran danau.

Kebanyakan, sudah pasti mereka akan bermain airnya yang jernih. Tak terkecuali Moon Jae-In yang tak lupa menyelupkan tanggannya ke dalam danau tersebut.

Tempat sempurna untuk melihat danaunya, yakni dari Puncak Gunung Paektu. Kamu harus mendaki sekitar 600 meter ke atas agar bisa melihatnya dari atas ketinggian.

Dari situlah, danaunya sungguh terlihat cantik. Menariknya lagi, beberapa turis yang berfoto di sana bergaya dengan membentangkan tangan. Seolah jadi pembuktian, bahwa ada tempat secantik ini di Korea Utara.

Yang harus diingat, kawasan Gunung Paektu diangap suci oleh masyarakat setempat. Untuk itu, turis yang datang harus menjaga etika dan peraturan yang diberikan. Salah satunya, turis dilarang berenang di danaunya.

Korea Konsult tidak mencantumkan harga untuk mengunjungi Chon. Untuk, pemesanan turs bisa dilakukan melalui situs resminya. Selamat datang di danau surga Korea Utara! (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED