Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Sep 2018 07:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Guangzhou, Si Kota Kambing

Andini Safitri
detikTravel
Patung 5 kambing yang jadi ikon Kota Guangzhou (Andini/detikTravel)
Patung 5 kambing yang jadi ikon Kota Guangzhou (Andini/detikTravel)
Guangzhou - Guangzhou termasuk salah satu kota metropolitan di China. Tapi ternyata, kota ini punya julukan lain sebagai Kota Kambing. Bagaimana ceritanya?

Guangzhou, salah satu kota tertua dan terbesar di China ini menyimpan keunikan sejarah tersendiri. Banyak yang menyebut kota ini sebagai 'Kota Kambing'.

Mengapa kambing? Ternyata Guangzhou mempunyai legenda tersendiri yang ada hubungannya dengan kambing.

Sebuah legenda menyebutkan bahwa lebih dari 2.000 tahun yang lalu, Guangzhou adalah kota yang miskin dan tandus. Meski dilanda kelaparan, masyarakat di kota ini tetap bekerja keras.

Suatu hari ada lima orang suci datang dengan menunggangi lima kambing dengan diiringi oleh lantunan musik. Kelimanya datang untuk memberkati kota tersebut, lalu pergi meninggalkan kambingnya.

Saat kelima orang suci itu pergi, kelima kambing tersebut pun berubah menjadi batu. Sejak kehadiran mereka, Guangzhou pun secara perlahan menjadi kota yang subur dan hingga kini menjadi salah satu kota bisnis terbaik di China bahkan menarik banyak wisatawan.

"Guangzhou dikenal dengan Kota Kambing. Menurut sejarahnya ada lima kambing yang menjaga kota ini agar makmur dan sejahtera," ujar Jasmine, pemandu wisata Kota Guangzhou saat detikTravel berkunjung ke sana pekan lalu.

Patung 5 kambing (Andini/detikTravel)Patung 5 kambing (Andini/detikTravel)

Sejak itu, kelima kambing tersebut pun menjadi ikon kota Guangzhou. Terletak di taman Yuexiu Park, kamu bisa melihat patung lima kambing yang dulu memberkati kota ini.

Jalur untuk sampai ke landmark ini pun sangat mudah. Jika naik metro kamu bisa turun di Yuexiu Park Station dan jika naik bus, kamu bisa turun di Yuexiu Gongyuan atau di Yuexiu Gongyuan Beimen, pintu utara taman.

Saat memasuki Yuexiu Park, pemandangan hijau begitu memanjakan mata. Kanan-kiri masih dipenuhi oleh pepohonan rindang serta bunga-bunga cantik yang mengelilinginya.

Patung lima ekor kambing yang menjadi ikon kota Guangzhou ini terletang di tengah-tengah Yuexiu Park. Untuk meraihnya diperlukan untuk menaiki tangga hingga ke puncak taman.

Tak hanya menyimpan ikon kota saja, banyak warga lokal yang melakukan berbagai macam aktivitas di taman ini. Dari berolahraga, bercengkrama, hingga menari bersama.

Aktivitas warga lokal (Andini/detikTravel)Aktivitas warga lokal (Andini/detikTravel)

Kebanyakan warga lokal yang menari adalah para lansia, dimana para lansia ini bisa ikut kegiatan menari dengan membayar kurang lebih sebesar 100 yuan per bulannya (Rp 217 ribu).

"Para lansia biasa ikut menari atau berolahraga di sini dengan membayar sekitar 100 yuan per bulan," tambah Jasmine.

Jangan lupa untuk berkunjung ke Yuexiu Park saat hendak ke Guangzhou. Karena tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota ini tanpa melihat patung lima kambing yang menjadi ikon tersendiri. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA