Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Okt 2018 08:22 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Patung Tembaga Tertinggi di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: Patung Garuda Wisnu Kencana tertinggi ketiga di dunia (Aditya Mardiastuti/detikTravel)
Foto: Patung Garuda Wisnu Kencana tertinggi ketiga di dunia (Aditya Mardiastuti/detikTravel)
Jakarta - Ada 7 patung tembaga tertinggi di dunia yang menjadi ikon wisata. Indonesia punya patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Juara berapa nih?

Salah satu destinasi wisata yang sering menjadi landmark sebuah wilayah adalah patung. Bukan sekedar patung biasa, namun memiliki ukuran tertinggi dan terbesar di dunia serta menarik wisatawan.

Dirangkum detikTravel Rabu (3/9/2018) dari data yang dimiliki pengelola Garuda Wisnu Kencana, terdapat 7 patung perunggu tertinggi di dunia yang menjadi ikon sebuah negara. Inilah daftarnya:

1. Spring Temple Buddha, China
7 Patung Tembaga Tertinggi di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!Foto: (springbuddhatemple.com)


Patung yang berada di Provinsi Henan, China ini tercatat di Guinness World Records sebagai patung tertinggi di dunia. Patung Buddha ini memiliki ketinggian 153 meter.

Pembangunan patung dimulai pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 2008. Untuk membangun patung setinggi ini dibutuhkan 1.100 panel tembaga dengan berat mencapai 1.000 Ton. Wow!

2. The Laykyun Setkyar Buddha, Myanmar

7 Patung Tembaga Tertinggi di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!Foto: (MaKay Savage via CNN Travel)


Patung yang berada di Monywa, Myanmar ini memiliki ketinggian 129,2 meter. Kalau dengan pedestalnya jadi setinggi 166 meter. Patung ini dibangun pada tahun 2008.

Yang membuat patung Buddha ini semakin menarik adalah posisi berdirinya di samping patung Buddha yang sedang rebahan. Serta juga dikelilingi oleh pepohonan hijau dan rindang. Jika traveler menatap patung ini dari kejauhan, terlihat seolah patung ini sedang berada di karpet hijau.

3. Garuda Wisnu Kencana, Indonesia
7 Patung Tembaga Tertinggi di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!Foto: (Aditya Mardiastuti/detikTravel)

Baru saja diresmikan Presiden Jokowi pada September lalu, Patung GWK langsung menarik perhatian para wisatawan. Memiliki ketinggian 121 meter menjadikan Patung GWK sebagai patung tembaga tertinggi nomor tiga di dunia. Sedangkan untuk kategori terbesar, Patung GWK merupakan patung tembaga terbesar di dunia dnegan lebar 64 meter.

Patung GWK berada di kawasan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Jl Raya Uluwatu, Ungasan, Kabupaten Badung, Bali. Patung ini merupakan mahakarya dari seniman Bali, Nyoman Nuarta.

4. Ushiku Daibutsu, Jepang

7 Patung Tembaga Tertinggi di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!Foto: (ibarakiguide.jp)


Patung perunggu dengan ketinggian 120 meter ini berada di Ushiku, Wilayah Ibaraki, Jepang. Patung ini selesai dibangun pada tahun 1993 dan menjadi kebanggaan warga Jepang.

Patung yang berwarna abu-abu ini dikelilingi taman yang cantik. Karena itu patung ini memiliki jalur untuk pejalan kaki di sekitarnya lho. Dan traveler yang ingin menikmati pemandangan, bisa naik menggunakan lift patung dan akan dibawa ke ketinggian 85 meter.


5. Patung Liberty, Amerika Serikat

7 Patung Tembaga Tertinggi di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!Foto: (Rise and Resist/via REUTERS)


Siapa yang tak tahu patung wanita yang tangan kanannya memegang obor dan tangan kirinya memegang buku? Patung Liberty memang sangat terkenal di dunia karena sering muncul dalam film Hollywood.

Memilki ketinggian 85 meter dan berada di New York, Amerika Serikat membuatnya semakin populer di kalangan wisatawan. patung ini dibangun sebagai lambang kebebasan apda tahun 1886 dan dideklarasikan sebagai monumen nasional pada tahun 1924.

6. The Motherland Calls, Rusia

7 Patung Tembaga Tertinggi di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!Foto: (russia.travel)

Tuan Rumah Piala Dunia 2018, Rusia juga memiliki patung perunggu yang berada nomor 6 tertinggi di dunia. Namanya adalah The Motherland Calls dengan ketinggian 85 meter yang berada di Taman Memorial Mamayev Kurgan, Volgograd. Patung ini selesai dibangun pada akhir tahun 1960.

Patung ini berupa figur wanita yang sedang mengayunkan pedang dengan tangan kanannya. Patung ini dibangun untuk memperingati pengorbanan tentara Soviet dalam Pertempuran Stalingrad pada Perang Dunia II.

7. Christ the Redeemer, Brasil

7 Patung Tembaga Tertinggi di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!Foto: (Ken Yunita/detikTravel)


Di urutan ketujuh tertinggi di dunia diperoleh oleh ikon pariwisata Rio de Janeiro, Christ the Redeemer. Patung ini memiliki ketinggian 39,6 meter.

Patung yang sering muncul dalam film Hollywood ini selesai dibangun pada tahun 1931. Patung dengan lengan terbuka ini menjadi simbol Kekristenan di Brasil. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA