Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Okt 2018 21:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

4 Gedung dengan Desain Terkeren Sedunia

Foto: POOL
Budapest - Desain gedung-gedung sekarang makin keren dan sering bikin takjub traveler. Dari ribuan gedung di dunia, ada 4 yang paling keren di tahun 2018 ini. Apa saja?

Setiap 2 tahun sekali, ada penghargaan bergengsi bernama The Riba International Prize yang dianugerahkan kepada gedung-gedung baru dengan arsitektur yang paling keren di dunia. Sepanjang tahun 2018 ini, ada 4 gedung yang masuk nominasi tersebut.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Minggu (7/10/2018), calon gedung-gedung yang akan menerima penghargaan ini berasal dari 4 negara, yaitu Hungaria, Brasil, Jepang dan juga Italia. Berikut nominasinya:

1. Gedung Central European University, Hungaria

(dok. Central European University)(dok. Central European University)


Gedung pertama yang masuk nominasi The Riba International Prize ada di Budapest, Hungaria. Inilah Gedung Central European University yang amat keren.

Gedung yang terletak di jantung Kota Budapest ini dibuat oleh firma arsitek O'Donnell+Tuomey. Perpaduan desain modern tapi tetap memperhatikan aspek sejarah membuat gedung ini berhasil masuk dalam nominasi. Mahasiswa yang belajar di sini pasti betah ya.

2. Children Village, Brasil

(dok. Rosenbaum arquitetura)(dok. Rosenbaum arquitetura)


Selanjutnya, ada gedung yang difungsikan sebagai sekolah terpadu bagi anak-anak suku Amazon di pedalaman Brasil. Gedung bernama Children Village ini punya desain yang tak kalah kerennya.

Children Village didesain oleh firma arsitek Aleph Zero+Rosenbaum. Gedung ini dibuat dari kayu hutan dan berbagai material alami lainnya. Sekolah terpadu ini terdiri dari asrama, ruang baca sampai balkon yang biasa digunakan berkativitas oleh para siswa yang bersekolah di sana.

3. Toho Gakuen School of Music, Jepang

(dok. Toho Gakuen)(dok. Toho Gakuen)


Jepang memang jago kalau urusan desain dan arsitektur. Buktinya, desain Toho Gakuen School of Music ini begitu menarik perhatian. Desainnya tampak tidak lazim untuk ukuran sebuah sekolah musik.

Sekilah melihat dari luar, Toho Gakuen memang tidak tampak seperti sebuah sekolah musik. Desainnya mengingatkan kita seperti bentuk balok kayu pada permainan Jenga. Tapi justru itu keunikan Toho Gakuen.

Desainnya yang kaku di bagian luar, berbanding terbalik dengan atmosfer hangat di bagian dalam sekolah. Para siswa justru makin semangat belajar musik di gedung yang didesain oleh Nikken Sekkei ini.

4. Il Bosco Verticale, Italia

(dok. Boeri Studio)(dok. Boeri Studio)


Hutan vertikal. Begitulah julukan yang disematkan pada gedung perumahan bernama Il Bosco Verticale di Milan, Italia ini. Tidak heran, karena apartemen ini tampak hijau dan kontras dengan gedung-gedung lain di sekitarnya.

Nuansa hijau ini bukan berasal dari cat ataupun tanaman plastik, melainkan dari tanaman sungguhan yang ditanam di setiap area lantai menara gedung ini. Ada kurang lebih 17.000 tanaman yang ditanam di 2 buah tower Il Bosco Verticale.

Gedung yang didesain oleh Boeri Studio ini punya alasan mengapa menanam begitu banyak tumbuhan di gedung tersebut. Mereka ingin agar tanaman itu bisa meningkatkan kualitas udara sekaligus menambah kesejukan. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA