Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Okt 2018 21:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mungkin Cuma di Kota Ini, Wine Ditaruh di Dasar Laut

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Wine di dalam laut di Prancis (Emmanuel Donfut/Balao/BBC Travel)
Foto: Wine di dalam laut di Prancis (Emmanuel Donfut/Balao/BBC Travel)
Saint Malo - Kota di Prancis ini punya tradisi unik dalam mengolah wine. Mungkin hanya ada di kota ini, yakni menaruh wine di dalam laut.

Melansir BBC Travel, Senin (8/10/208), menaruh wine di dalam laut itu ada di Kota Saint Malo, Prancis. Oleh penduduk setempat, menaruh wine di dalam laut adalah untuk proses memperoleh 'rasa asin' dalam minuman anggurnya.

Malouins, sebutan bagi warga lokal telah terbiasa dengan ganasnya laut di sana. Kota Saint Malo dibangun oleh Galia pada abad ke-1 SM, adalah kota pelabuhan di mana muara sungai bertemu dengan Selat Inggris yang mengakibatkan ombak di sini terbilang ganas.

"Ketika saya di St-Malo, bahkan jika saya tidak bisa melihat laut, saya bisa merasakannya. Aku tahu dia ada di sini, bahwa dia selalu dekat," kata Yannick Heude, seorang ahli wine atau sommelier dan juga pedagang anggur lokal.

15 tahun yang lalu, saat berlayar dengan teman-temannya, dia menemukan ide unik untuk menenggelamkan wine. Pada awalnya, ia hanya menaruh 12 botol anggur Fiefs Vendeens dari Lembah Loire ke dasar pelabuhan Saint Malo dan malah terkenal ke seantero Prancis di tahun-tahun berikutnya.

Mungkin Cuma di Kota Ini, Wine Ditaruh di Dasar LautFoto: Wine siap ditenggelamkan (Yannick Heude/BBC Travel)


Dia terus menaruh anggur di dasar laut setiap tahun, lalu mengundang teman-temannya untuk mencicipi wine di tahun sebelumnya. Menurut dia, air lepas pantai itu akan melindungi anggur dari sinar UV yang merusak.

Pasang surut dua kali sehari dan arus pasang terbesar di Eropa jadi teknik yang digunakan untuk penentuan usia anggur. Setelah menemukan efek fermentasi dari laut, Heude memutuskan untuk menimbun anggurnya di laut.

Mungkin Cuma di Kota Ini, Wine Ditaruh di Dasar LautFoto: Kota Saint Malo, Prancis (SteveAllenPhoto/Getty Images/BBC Travel)


Pada akhir pekan pertama bulan Juni, sekitar 100 orang gourmands dan sommeliers dari seluruh Perancis membeli tiket untuk mencicip anggur itu secara langsung. Wisatawan yang penasaran menyaksikan Heude dan timnya memuat 700 botol anggur ke kapal.

Botol anggur ditumpuk dalam kotak. Ada lubang tambahan di setiap kotak yang memastikan air dan rumput laut bisa masuk.

Sampai di lokasi, kotak-kotak diturunkan sedalam 15 meter ke dasar laut. Seorang penyelam akan mengaitkan kotak-kotak itu dan mengambil wine yang diturunkan pada tahun lalu.

Orang-orang pun melihat keadaan botol selama setahun di dasar laut. Saat disajikan dalam sebuah festival, para sommelier membandingkan anggur laut dengan rekannya yang disimpan di bawah tanah. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA