Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Okt 2018 08:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pantai Ini Dilukis Pasirnya, Cantik!

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Mural Pantai Welsh Pembrokeshire Inggris (Marc Treanor/CNN Travel)
Mural Pantai Welsh Pembrokeshire Inggris (Marc Treanor/CNN Travel)
Cardiff -
Pantai berpasir di Inggris ini dilukis mural. Gambar-gambar rumit terpampang cantik jika dilihat dari atas tebing.


Melansir CNN Travel, Rabu (10/10/2018), adalah pantai berpasir di sepanjang Pantai Welsh Pembrokeshire, Wales, Inggris. Mural-mural yang rumit ini adalah karya seni oleh muralis pasir lokal, Marc Treanor.


Terinspirasi oleh lingkaran tanaman, formasi misterius yang kadang-kadang muncul di ladang jagung dan gandum, Treanor membuat pola yang sama di atas pasir basah. Bedanya, saat selesai dibikin, Treanor melihat kerja kerasnya diterjang oleh gelombang.


Ada tiga tahapan sebelum Treanor memulai pekerjaannya itu. Tahapan ini harus dilakukan agar lukisannya terlihat sempurna.


Tahap 1, membuat sketsa polanya di rumah, di atas kertas. Tahap 2, menuju ke pantai, pembersihan pantai dan memulai proses penciptaan. Ketika penggalian pasir selesai, saatnya untuk bagian yang paling ajaib, tahap 3 yakni...
"Ini adalah semacam sisi kontemplatif, jadi idealnya ada sudut pandang yang bagus. Kita semua bisa naik ke puncak bukit dan memandang pantai dan menyaksikan kreasi itu diserap kembali oleh laut," kata Treanor.

Dari salah satu tebing yang menonjol di Pembrokeshire, Treanor dan timnya menyaksikan karya seninya itu menghilang. Kadang-kadang dia bahkan tidak berhasil memotret mural bikinannya itu.
Lukisan mural Treanor dari atas tebing (Marc Treanor/CNN Travel)Lukisan mural Treanor dari atas tebing (Marc Treanor/CNN Travel) Foto: undefined
Salah satu kreasi Treanor yang paling mengesankan adalah simbol yang rumit yang dibuat pada hari Pemilihan Umum Inggris pada 2015. Seorang pejalan kaki membantunya melukis.

Turis asing itu bekerja sebagai pembuat bom. Treanor tidak bisa menyembunyikan ketidaksetujuannya, tetapi ia mengalah dan bekerja sama untuk menciptakan seni pasirnya.

Treanor melihat orang yang membantunya itu terharu. Treanor adalah orang yang perfeksionis dan tak ingin ada orang asing mencampuri urusannya.

Ia merasa benar-benar lebih puas ketika orang lain juga terlibat. Dia ingat saat pertama kali seseorang ingin membantu dan ia harus memberikan celah di dalamnya.
Membantu seseorang yang ingin melamar kekasihnya (Marc Treanor/CNN Travel)Membantu seseorang yang ingin melamar kekasihnya (Marc Treanor/CNN Travel) Foto: undefined

Karena seni Treanor yang terus muncul di pesisir Welsh, membuatnya semakin diperhatikan dan ditugaskan untuk melakukan beberapa proyek. Dia berhasil menciptakan karya mural yang mirip wajah seseorang, dia dipekerjakan oleh agen wisata lokal dan bahkan membantu seseorang melamar kekasihnya.

Tahun ini, ia sangat sibuk karena memiliki belasan proyek. Di masa lalu, Treanor bekerja sebagai sopir truk jarak jauh, berkebun dan menjual peralatan medis untuk mengurusi keluarganya dan beralih menjadi pelukis di pasir pantai.

Tahun ini, Treanor bekerja dengan pemerintah lokal untuk meningkatkan dorongan pariwisata di Wales. Ia juga telah bekerja untuk Biro Lingkungan Eropa, bersama dengan tiga seniman pasir lainnya di Eropa untuk kampanye yang kesadaran pada polusi plastik di lautan, salah satu karya yang berkaitan dengan hal itu adalah gambar Poseidon berjalan naik dari lautan melemparkan botol plastik kembali ke tanah.

Karena perubahan cuaca yang kadang memburuk tiba-tiba, Treanor mempertimbangkan untuk membawa karya seninya ke pantai di luar negeri. Dia melamun tentang pasir di Afrika Selatan, pantai barat AS atau Thailand, tetapi dia masih ingin melukir mural pasir pantai di Wales.

Treanor bangga bahwa karyanya membantu memamerkan keindahan pantai Welsh. Hal itu sangat mungkin menarik lebih banyak turis untuk mengunjungi garis pantai ini.
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED